Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada di KTT G20 Umumkan Bantuan 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Bagi Negara Miskin

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 17:38 WIB
kanada-di-ktt-g20-umumkan-bantuan-200-juta-dosis-vaksin-covid-19-bagi-negara-miskin
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela KTT G20 mengumumkan, Kanada akan menyumbangkan setara dengan setidaknya 200 juta dosis ke Fasilitas Covax pada akhir 2022. (Sumber: AP Photo/Domenico Stinellis)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MONTREAL, KOMPAS.TV - Kanada di KTT G20 hari Sabtu, (30/10/2021) mengumumkan komitmen untuk menyumbangkan 200 juta dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin seluruh dunia. 

"Kanada akan menyumbangkan setara dengan setidaknya 200 juta dosis ke fasilitas Covax pada akhir 2022," kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela KTT G20 seperti dilansir Straits Times, Minggu (31/10/2021).

Bahkan ia menjanjikan, sekitar 10 juta dosis vaksin Moderna diantaranya akan dikirimkan dengan cepat ke negara-negara miskin.

Tidak hanya itu, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland menambahkan bahwa Kanada juga menjanjikan 15 juta dollar AS untuk membantu meningkatkan produksi vaksin di Afrika Selatan.

Berbicara pada briefing di sela KTT G20 Roma, dana tersebut harus berkontribusi pada penciptaan 'pusat transfer teknologi' sehingga wilayah tersebut dapat memproduksi vaksin mRNA untuk melawan Covid-19.

Baca Juga: Hadiri KTT G20, Jokowi Dorong Penguatan Arsitektur Kesehatan Global

Ilustrasi vaksin Moderna. Kanada akan menyumbangkan setara dengan setidaknya 200 juta dosis ke Fasilitas Covax pada akhir 2022 (Sumber: Straits Times via AFP)

"Kami tidak mengontrol produksi, tetapi pada tahun 2022, kami yakin akan mampu berkontribusi pada tingkat ini," kata Freeland.

Pada bulan Agustus, perusahaan Amerika Moderna mengumumkan mereka ingin membangun pabrik pembuatan vaksin di Kanada, yang pertama di luar Amerika Serikat.

Menurut pemerintah Kanada, kurang dari tiga juta dari 40 juta dosis yang telah dijanjikan oleh Kanada telah diterima oleh program Covax pada hari Sabtu, dengan pengiriman tambahan direncanakan dalam beberapa hari mendatang.



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.