Kompas TV nasional peristiwa

Agenda Jokowi di KTT G20 Italia, Bahas Kesehatan Global hingga UMKM

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 09:06 WIB
agenda-jokowi-di-ktt-g20-italia-bahas-kesehatan-global-hingga-umkm
Presiden Joko Widodo memulai kunjungan ke tiga negara pada Jumat (29/10/2021). Dalam kunjungan ini, Presiden akan menghadiri KTT G20 di Italia, KTT Perubahan Iklim di Inggris dan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab. (Sumber: Tangkap layar youtube Sekretariat Negara.)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

ROMA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Roma, Italia pada Jumat (29/10/2021) petang waktu setempat, guna menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20. Jokowi kemudian diantar ke hotel untuk beristirahat.

Agenda padat telah menanti Jokowi keesokan harinya. Presiden dijadwalkan menghadiri KTT G20 hingga sejumlah pertemuan bilateral.

"Presiden Republik Indonesia akan melakukan kegiatan yang sangat padat, yaitu antara lain menghadiri sesi mengenai global economy dan global health," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam rilis yang diterima Kompas TV.

Jokowi juga akan menghadiri sesi yang membahas dukungan terhadap usaha kecil dan menengah (UMKM) serta bisnis milik perempuan. Ia diminta menjadi pembicara dalam sesi tersebut.

Baca Juga: Hadiri KTT G20, Rombongan Presiden Jokowi Tiba di Italia

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa undangan itu menunjukkan pengakuan dunia atas keberpihakan Indonesia terhadap UMKM serta peran perempuan Indonesia di dalamnya.

Agenda padat menanti Jokowi dalam kunjungannya ke Roma, Italia, pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Dalam KTT G20, Presiden antara lain akan menghadiri sesi mengenai ekonomi dan kesehatan global.

Selain itu, Jokowi dijadwalkan menghadiri pertemuan bilateral dengan pemimpin Australia, Prancis, India, Turki, Italia, serta Bank Dunia.

Akan tetapi, menurut Menlu Retno, agenda bilateral masih dapat berubah.

"Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya," kata Retno.

Retno sendiri sudah tiba lebih dulu di Italia dan turut menyambut Presiden Jokowi di Hotel Splendide Royal, Roma, pada Jumat (29/10) petang waktu setempat.

Baca Juga: Luhut: Mobil Listrik Hyundai Genesis G80 Jadi Kendaraan Resmi Delegasi KTT G20


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.