Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Kasus Video Viral, Kapolri Harus Benahi Polisi - Opini Budiman

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 09:05 WIB

Ada apa dengan polisi kita. Itulah pertanyaan sejumlah orang, terkaitnya banyaknya video viral dan berita soal perilaku polisi

Terakhir, viral video Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar menendang anak buahnya.

Sebelumnya, viral beberapa video yang mempertontonkan perilaku anggota Polri yang tidak pantas.

Termasuk saat membanting ala smackdown, pendemo mahasiswa. Sebelumnya, ramai tagar percumalaporpolisi.

Dalam dua pekan ini, Polri di bawah Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo jadi sorotan publik.

Padahal Kapolri Sigit sudah mencanangkan program polisi humanis dan presisi, responsive, transparan dan berkeadilan.

Kisah viral tagar percumalapor polisi adalah respon media atas dihentikannya kasus laporan kekerasan seksual di Polres Luwu.

Seorang ibu kecewa karena laporan dugaan perkosaan anaknya oleh ayahnya sendiri, seperti ditutup oleh Polres Luwu karena tak cukup bukti.

Pihak Istana pun ikut bersuara dan meminta Polri menyelesaikan kasus kekerasan seksual tersebut.

Belum reda kasus itu, muncul video viral yang mempertontonkan seorang anggota membanting mahasiswa hingga kejang-kejang.

Video itu membuat persepsi publik negatif terhadap Polri. Pendemo mahasiswa sempat berdamai, anggota Polri minta maaf atas kejadian itu.

Ada lagi perilaku seorang anggota Sabhara yang tampak berlebihan saat memeriksa handphone seseorang. peristiwa itu juga viral dan memicu protes. 

Rangkaian cerita itu menimbulkan tanya? Ada apa dengan polisi kita?

Padahal jika merujuk hasil survei Litbang Kompas, citra Polri masih tergolong baik. Hampir 75 persen responden memandang citra Polri baik. Citra Polri berada di atas KPK, namun masih di bawah citra TNI.

Survei itu diambil sebelum cerita soal polisi menyebar kemana-mana. Kekerasan, perilaku arogan, tentunya tak bisa dibenarkan dan akan menjauhkan dari ide Polri yang humanis.

Namun, rangkaian kejadian itu menuntut pendalaman menyeluruh mengenai apa yang sedang terjadi dengan polisi kita.

Penulis : Aryo bimo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19