Kompas TV olahraga kompas sport

Disingkirkan Australia, Timnas Indonesia Kembali Tunda Debut di Piala Asia U-23

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 22:39 WIB
disingkirkan-australia-timnas-indonesia-kembali-tunda-debut-di-piala-asia-u-23
Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan saat melakoni laga uji coba melawan Tajikistan U-23 jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia U-23 harus kembali menunda debutnya untuk bermain di Piala Asia U-23.

Pada gelaran Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan, Garuda Muda harus menerima kenyataan gagal kembali tampil dalam turnamen dua tahunan tersebut.

Sejak digelar AFC pada 2014 silam, Indonesia belum pernah sekali pun tampil di putaran final Piala Asia U-23.

Pada Piala Asia U-23 2014, Indonesia gagal lolos setelah kalah bersaing dengan Australia dan Jepang.

Di babak kualifikasi yang digelar di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Timnas Indonesia hanya mampu berada di peringkat ketiga.

Di edisi berikutnya, Indonesia juga belum mendapatkan keberuntungan untuk lolos ke Piala Asia U-23 yang digelar di Qatar.

Pada babak kualifikasi yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia hanya mampu berada di posisi kedua di bawah Korea Selatan yang berhak lolos langsung.

Timnas Indonesia yang memiliki peluang lolos melalui jalur runner up terbaik akhirnya gagal mentas di Qatar setelah kalah dalam selisih gol dari kontestan lain.

Kesialan kembali menghantui Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingatkan Skuad Timnas U23 untuk Tidak Minder dengan Australia U23

Berada satu grup dengan Thailand, Malaysia, dan Mongolia, peluang Indonesia lolos ke Piala  Asia U-23 sebenarnya sangat besar.

Namun kekalahan 3-0 dari Malaysia di laga pertama membuat skenario yang sudah dibuat Luis Milla, pelatih Timnas Indonesia saat itu buyar.

Meski berhasil bangkit saat menang 7-0 atas Mongolia, kegagalan Indonesia mengalahkan tuan rumah Thailand di pertandingan terakhir akhirnya membuat Garuda Muda harus kembali menunda harapan bermain di Piala Asia U-23.

Sementara di Piala Asia 2023 pada tahun 2020 lalu, Timnas Indonesia juga gagal melangkah ke putaran final usai kalah bersaing dengan sesama tim Asia Tenggara yaitu Thailand dan Vietnam.

Kegagalan lolos ke Piala Asia U-23 di edisi-edisi sebelumnya membuat Timnas Indonesia mendapat undian yang kurang menguntungkan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x