Kompas TV nasional peristiwa

Sosok Inspiratif! Nadhira Afifa Miliki Program Beasiswa Usung Kesetaraan Pendidikan

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:04 WIB

KOMPAS.TV - Pada momen Sumpah Pemuda hari ini kami hadirkan sosok muda inspiratif, Nadhira Afifa.

Nadhira yang namanya sempat viral karena memberikan pidato di wisuda Harvard tahun lalu, kini memiliki program beasiswa yang mengusung kesetaraan pendidikan.

Kesetaraan, inklusivitas, dan persatuan inilah sepenggal pidato yang disampaikan Nadhira Nuraini Afifa seorang anak bangsa yang sempat menuntut ilmu di universitas ternama di Amerika Serikat, Harvard.

Nadhira terpilih menjadi student speaker mewakili angkatannya pada wisuda online Harvard, Mei 2020.

Nadhira tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan menyampaikan pidato sebaik-sebaiknya sebagai lulusan S2 di Department Of Global Health And Population TH Chan School Of Public Health.

Baca Juga: Bersih Pantai Peringati Hari Sumpah Pemuda

Pidato yang disampaikan Nadhira menggugah banyak orang karena  ia menceritakan seperti apa perjuangannya selama belajar serta bagaimana ia takjub dengan kesetaraan dan toleransi dalam menjalankan ibadah selama berkuliah di Harvard.

Dalam studinya Nadhira fokus pada topik nutrisi.

Ia juga terlibat dalam beberapa proyek yang berkaitan dengan anak-anak kekurangan gizi terutama stunting di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga berkesempatan mengunjungi Tanzania untuk menangani masalah gizi buruk di kalangan remaja sekola di Kota Dodoma bersama mahasiswa Harvard lainnya.

Selama berkuliah di Harvard, Nadhira juga rajin mengunggah konten-konten pendidikan melalui kanal youtubenya. Apa yang dibagikan Nadhira menginspirasi banyak pemuda Indonesia untuk berani meraih mimpi.

Beragam prestasi yang diraih Nadhira tidak serta merta membuatnya berpuas diri. Ia memiliki tujuan mulia, apa yang telah ia dapatkan selama menjalani pendidikan di Harvard harus dapat bermanfaat bagi Indonesia.

Tekad ini masih ia amalkan hingga detik ini, Nadhira meluncurkan program Limitless yang didalamnya mencakup buku hingga beasiswa mulai dari sekolah dasar hingga bagi mereka yang berkuliah.

Kesetaraan pendidikan merupakan hal penting yang selalu ingin Nadira serukan.

Baca Juga: Sosok Pemuda yang Berprestasi Banggakan Indonesia, Simak Selengkapnya!

Program Beasiswa Limitless yang digagas Nadhira salah satu sumbernya merupakan dari penggalangan donasi dengan menggunakan aplikasi.

Saat ini beasiswa diperuntukkan bagi mereka para pelajar dan mahasiswa yang kesulitan bahkan sempat mengalami putus sekolah. Terlebih banyak pula pelajar yang terkendala biaya akibat pandemi covid-19.

Hingga kini telah banyak siswa dan mahasiswa yang merasakan manfaat dari beasiswa ini.

Nadhira Nuaini Afifah menjadi salah satu contoh yang bisa mengajak banyak anak muda lainnya di Indonesia untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesame.

Sumpah Pemuda bukan hanya sekadar simbol belaka, tetapi Nadhira mampu menebarkan semangat juang yang sangat besar untuk ikut memajukan Indonesia.

Baca Juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, 180 Paket Prokes Dibagi Untuk Pemuda di Kota Malang

Penulis : Shinta Milenia

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19