Kompas TV kuliner cerita rasa

Cicip-cicip Gongso Kepala Sapi Semarakkan Khazanah Kuliner Bantul

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 15:41 WIB
cicip-cicip-gongso-kepala-sapi-semarakkan-khazanah-kuliner-bantul
Gongso kepala sapi bisa dinikmati di Gongso Joglo Mas Iyan yang berlokasi sekitar 100 meter sebelah utara emplasemen pabrik gula Madukismo Bantul. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sajian masakan berbahan sapi biasanya menggunakan bagian daging atau jeroan. Namun, kuliner anyar di Bantul ini justru memanfaatkan kepala sapi sebagai bahan andalannya.

Gongso kepala sapi bisa dinikmati di Gongso Joglo Mas Iyan yang berlokasi sekitar 100 meter sebelah utara emplasemen pabrik gula Madukismo Bantul. Haryanto membuka tempat makan ini sekitar tiga bulan lalu.

Bisnis kuliner kepala sapi ini juga tidak lepas dari pengalaman kerja sebelumnya. Ketika itu, ia menjadi karyawan selama 10 tahun di sebuah perusahaan Yogyakarta.

Baca Juga: Tradisi Grebeg Suro, Warga Tanam Kepala Sapi di Sumber Mata Air

“Saat masih karyawan, saya sering diminta mengolah kepala sapi kalau perusahaan ada acara-acara,” ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Ternyata masakannya disukai oleh karyawan perusahaan. Oleh karena itu, ketika pensiun ia memutuskan untuk berbisnis kuliner dari kepala sapi. Selain gongso kepala sapi, ia juga menawarkan menu lain, seperti asem-asem kepala sapi, nasi gongso sapi, dan nasi goring sapi.

Ada perbedaan tekstur daging di kepala sapi dan daging sapi pada umumnya. Daging di kepala sapi lebih empuk, gurih, dan kenyal, terutama di bagian pipi dan lidah sapi.

Untuk mendapatkan kepala sapi, ia memesan di Rumah Potong Hewan (RPH) Segoroyoso Bantul atau di Pasar Beringharjo. Harga menu berbahan kepala sapi di Gongso Joglo Mas Iyan dibanderol Rp 22.000 per porsi.

Baca Juga: Tips dan Resep Empal Daging Sapi Pedas yang Empuk, Cocok untuk Lauk Sehari-hari

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x