Kompas TV regional agama

Bisa Ditiru, Ini Doa Putri Rasulullah saat Dilanda Kesusahan

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:36 WIB
bisa-ditiru-ini-doa-putri-rasulullah-saat-dilanda-kesusahan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ini merupakan doa dari Rasulullah yang diajarkan kepada putrinya, Fatimah Az-Zahra, ketika sedang dilanda kesusahan. Tentu saja, doa ini bisa kita tiru dan diamalkan jika kita juga merasakan hal sama.

Ustaz Afif Sholeh, Lc menjelaskan tentang doa putri Nabi Muhammad ini. Doa ini terdapat dalam kitab kitab at-Targib wa at-Tarhib karya Imam al-Mundziri tentang wasiat doa ini kepada siti Fatimah dan memiliki banyak manfaat.  

“Menurut Imam al-Munawi dalam Kitab Faidhul Qadir, doa ini baik sekali dibaca karena dapat menghilangkan segala kesusahan terutama problema kehidupan yang selalu menyita waktu dan pikiran,”  tutur alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Baca Juga: Doa dari Alquran agar Rumah Kita Selalu Berkah

Lalu, kapan memulai membaca doa ini?

Doa ini bisa diamalkan waktu petang maupun ketika pagi hari tiba. Atau bisa jadi setelah usai salat maupun ketika Anda dilanda kesusahan.

Doa Putri Rasulullah saat Kesusahan

Doa putri Rasulullah ketika dilanda kesusahan (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Ya Hayyu Ya Qayyum birahmatika astaghitsu aslih lii syaa’nii kullahu, wala takilnii ila nafsii thorfahu aini

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun. (HR. Imam An-Nasai, Imam al-Bazzar dengan sanad yang Shahih juga Imam al-Hakim).

Semoga Allah senantiasa menghilangkan segala kesusahan yang menggelayuti di dada kita, serta memberikan keberkahan dalam hidup kita. Amin. Wallahu a'lam. 

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19