Kompas TV regional agama

Bisa Ditiru, Ini Doa Putri Rasulullah saat Dilanda Kesusahan

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 15:36 WIB
bisa-ditiru-ini-doa-putri-rasulullah-saat-dilanda-kesusahan
Doa putri Rasulullah ketika dilanda kesusahan (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ini merupakan doa dari Rasulullah yang diajarkan kepada putrinya, Fatimah Az-Zahra, ketika sedang dilanda kesusahan. Tentu saja, doa ini bisa kita tiru dan diamalkan jika kita juga merasakan hal sama.

Ustaz Afif Sholeh, Lc menjelaskan tentang doa putri Nabi Muhammad ini. Doa ini terdapat dalam kitab kitab at-Targib wa at-Tarhib karya Imam al-Mundziri tentang wasiat doa ini kepada siti Fatimah dan memiliki banyak manfaat.  

“Menurut Imam al-Munawi dalam Kitab Faidhul Qadir, doa ini baik sekali dibaca karena dapat menghilangkan segala kesusahan terutama problema kehidupan yang selalu menyita waktu dan pikiran,”  tutur alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Baca Juga: Doa dari Alquran agar Rumah Kita Selalu Berkah

Lalu, kapan memulai membaca doa ini?

Doa ini bisa diamalkan waktu petang maupun ketika pagi hari tiba. Atau bisa jadi setelah usai salat maupun ketika Anda dilanda kesusahan.

Doa Putri Rasulullah saat Kesusahan

Teks Latin: Ya Hayyu Ya Qayyum birahmatika astaghitsu aslih lii syaa’nii kullahu, wala takilnii ila nafsii thorfahu aini

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun. (HR. Imam An-Nasai, Imam al-Bazzar dengan sanad yang Shahih juga Imam al-Hakim).

Semoga Allah senantiasa menghilangkan segala kesusahan yang menggelayuti di dada kita, serta memberikan keberkahan dalam hidup kita. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.