Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Pembukaan Perbatasan, Australia Longgarkan Perjalanan ke Luar Negeri

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:08 WIB
jelang-pembukaan-perbatasan-australia-longgarkan-perjalanan-ke-luar-negeri
Australia akan mencabut larangan perjalanan keluar negeri mulai 1 November untuk warga yang sudah menjalani vaksinasi penuh. Sydney dan Melbourne, kota terbesarnya, segera menyambut pelancong dari luar negeri tanpa harus menjalani karantina. (Sumber: Jaimi Joy/Reuters)

SYDNEY, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri Australia hari Kamis, (28/10/2021) mengumumkan pelonggaran travel advisory atau saran perjalanan terkait Covid-19 untuk beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Australia saat ini juga sedang bersiap untuk membuka kembali perbatasannya pada minggu depan, pertama kalinya dalam lebih dari 18 bulan.

Australia akan mencabut larangan perjalanan keluar negeri mulai 1 November untuk warga yang sudah menjalani vaksinasi penuh menyusul tingkat vaksinasi Covid-19 yang tinggi, karena Sydney dan Melbourne, kota terbesarnya, akan segera menyambut pelancong dari luar negeri tanpa harus menjalani karantina.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison hari Kamis, (28/10/2021) seperti dilansir Associated Press mengatakan,"mulai Senin (depan), warga Australia yang sudah menjalani vaksinasi penuh Covid-19 kembali bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. 

New South Wales, Victoria dan Australian Capital Territory juga akan kembali dibuka. "Saya bisa beritahukan, tidak ada yang lebih bahagia dari saya selaku Perdana Menteri saat melihat hal ini terjadi, dan kita akan terus melihat (perkembangan bagus ini) bulan-bulan ke depan, dan secara substansial sebelum hari Natal,"

"Perubahan yang diumumkan hari ini adalah langkah penting berikutnya dalam menyatukan kembali keluarga Australia dan membuka kembali Australia ke dunia dengan aman," kata Menteri Luar Negeri Marise Payne dalam sebuah pernyataan, Kamis, (28/10/2021)

Menlu Australia Marise Payne juga mengatakan pemerintah Australia sudah memperbarui saran perjalanan luar negeri spesifik per negara tujuan, yang akan membantu warga Australia mengakses asuransi perjalanan dengan lebih mudah.

Baca Juga: Negara Bagian Victoria Australia Laporkan Hari Paling Mematikan Sepanjang Pandemi

Pemerintah New South Wales, Australia mengerahkan 30 motorhome untuk dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di kota kecilnya, Wilcannia. (Sumber: Central Darling Shire Council)

Ketika Australia mulai melonggarkan pembatasan perjalanan Covid-19, negara bagian Victoria mencatat 1.923 kasus infeksi dan 25 kematian akibat Covid-19 varian delta pada hari Kamis, (28/10/2021), hari paling mematikan dan peningkatan infeksi terbesar dalam empat hari.

Negara bagian tetangga, New South Wales, dimana Sydney berada, mencatat 293 kasus baru, turun dari 304 pada hari Rabu.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/Australia Public Affairs/Associated Press



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Panglima TNI Marah!

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:55 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19