Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Door To Door Untuk ODGJ dan Lansia

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 14:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Tengah, terus mengejar target vaksinasi Covid-19. Seperti memberi pelayanan vaksinasi dengan datang ke rumah orang dengan gangguan jiwa dan orang lanjut usia dengan keterbatasan fisik yang kesulitan untuk mendatang sentra vaksinasi Covid-19 terdekat.

Tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Purwodiningratan mendatangi satu per satu rumah warga di wilayah Gandekan, Solo, Jawa Tengah. Mereka berkeliling untuk memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, dari rumah ke rumah. Khususnya bagi warga yang kesulitan untuk datang ke sentra vaksinasi Covid-19. Salah satunya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan orang lanjut usia dengan keterbatasan fisik.

Meski vaksinasi dilakukan dengan langsung mendatangi rumah warga, namun proses pemeriksaan kesehatan sebelum divaksinasi tetap dilakukan seperti mengecek tekanan darah.

"Vaksin door to door ini memang harus dilakukan untuk beberapa masyarakat yang ada kendala untuk datang ke sentra vaksin. Jadi misalnya keterbatasan fisik, takut, dll. Mau tidak mau kita memang harus mendekatkan layanan ini," kata Farahdila Mirshanti, Kepala Puskesmas Purwodiningratan.

"Saya sudah divaksin, rasanya agak pegal. Senang dan lega rasanya," ujar Sarti, warga.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19, pemerintah akan membuka sentra vaksinasi terutama yang dekat dengan permukiman warga.

#solo #vaksinasi #odgj



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x