Kompas TV nasional sosial

Sejarah dan Isi Teks Sumpah Pemuda: 28 Oktober Jadi Saksi Persatuan Bangsa

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 08:56 WIB
sejarah-dan-isi-teks-sumpah-pemuda-28-oktober-jadi-saksi-persatuan-bangsa
Foto bersama para peserta Kongres Pemuda II di mana ikrar Sumpah Pemuda dikumandangkan pada 28 Oktober 1928. (Sumber: Kompas.id/Andreas Maryoto/Arsip Repro Idayu Foto)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Hari ini menjadi salah satu penanda penting menguatnya kesadaran sebagai sebuah bangsa.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda bermula dari makin banyaknya intelektual muda dan pelajar bumiputera di masa kolonialisme Belanda. 

Kalangan muda ini membentuk berbagai perhimpunan sesuai latar belakang daerah masing-masing.

Ada Jong Ambon, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Java, Jong Minahasa, Sekar Rukun, Jong Islaminten Bon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Baca Juga: Sumpah Pemuda: Didik Rakyat dengan Pergerakan, Didik Penguasa dengan Perlawanan

Akan tetapi, ada satu organisasi penting yang berjasa dalam ikrar Sumpah Pemuda pemersatu bangsa, yaitu Pemuda Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).

PPPI menjadi satu-satunya perhimpunan pelajar dengan ideologi nasionalisme dan anggotanya berasal dari berbagai suku serta daerah.

PPPI lalu mengusulkan untuk menyatukan berbagai organisasi pelajar dan pemuda. Maka, pengurus PPPI mengadakan Kongres Pemuda I pada 30 April-2 Mei 1926.

Anggota-anggota PPPI berharap kongres ini dapat membentuk sebuah organisasi pemuda gabungan berbagai perhimpunan yang telah ada.

Akan tetapi, usulan itu ditolak karena para pemuda masih terbawa oleh sentimen kesukuan masing-masing.

Dua tahun kemudian, PPPI kembali memprakarsai Kongres Pemuda. Kongres Pemuda II berjalan pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928.

Dalam kongres ini, para pemuda dari berbagai suku dan daerah bertemu membahas persatuan di antara perhimpunan-perhimpunan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.