Kompas TV regional berita daerah

Serikat Buruh Temui Bupati, Tuntut Kenaikan Upah

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 05:08 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Belasan buruh pabrik yang tergabung dalam aliansi serikat buruh di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menemui Bupati untuk menuntut kenaikan kenaikan upah minimum Kabupaten, Kota, UMK, selasa siang. Massa buruh yang tergabung dalam aliansi serikat buruh Brebes ini sebelumnya akan menggelar aksi unjuk rasa. 

 

Namun, oleh Kapolres Brebes, AKBP faisal febriyanto  difasilitasi untuk audiensi dengan pemerintah daerah. Dalam tuntutannya perwakilan dari aliansi buruh meminta kenaikan upah minimum Kabupaten, Kota, UMK, sebesar 25 persen untuk tahun 2021. Perwakilan buruh menyebut, UMK di daerah lain seperti Kabupaten batang dan Pekalongan jauh lebih tinggi dibandingkan UMK Brebes. 

 

Sementara Bupati Brebes Idza Priyanti berjanji akan menindaklanjuti usulan para buruh dengan harapan nantinya ada kenaikan UMK. Bupati akan menjembatani tuntutan para buruh melalui dinas terkait. 

 

UMK Brebes yang sekarang berkisar satu koma delapan juta dinilai tidak cukup untuk biaya kontrakan, transport dan biaya hidup lainnya. Apalagi beban hidup di masa pandemi Covid-19 juga bertambah, sehingga UMK yang sekarang belum bisa mensejahterakan keluarga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x