Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Kudeta Militer Sudan Jenderal Burhan Ternyata Punya Bekingan Negara-Negara Arab

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 22:43 WIB
pemimpin-kudeta-militer-sudan-jenderal-burhan-ternyata-punya-bekingan-negara-negara-arab
Jenderal Abdel Fattah al-Burhan yang kini menjadi penguasa tertinggi Sudan setelah militer di bawah komandonya mengambil alih pemerintahan dan menahan Perdana Menteri serta jajaran pejabat negara itu. (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KHARTOUM, KOMPAS.TV - Sebagian besar komunitas internasional mengecam kudeta militer Sudan pada Senin (25/10/2021). Namun, sejumlah negara menyatakan sikap yang lebih lunak dan sebatas meminta pihak terkait melakukan dialog.

Sejumlah negara di Teluk Arab menyatakan sikap yang cenderung lunak terhadap kudeta Sudan. Hal ini disinyalir karena mereka adalah sekutu panglima militer Sudan, Jenderal Abdul Fattah Al-Burhan.

Menurut laporan Associated Press, Jenderal Burhan memiliki sekutu kuat di Teluk Arab. Dua sekutu utamanya adalah Mesir dan Uni Emirat Arab.

Ia diketahui didukung Mesir selama beberapa tahun belakangan. Jenderal Burhan sendiri pernah menempuh pendidikan di sekolah militer Mesir.

Baca Juga: Sekilas tentang Jenderal Abdul Fattah al-Burhan, yang Ambil Alih Pemerintahan dan Kini Pimpin Sudan

Veteran Perang Darfur itu juga dilaporkan memiliki hubungan dengan pemimpin de facto Uni Emirat Arab, Syekh Muhammad bin Zayed Al-Nahyan. Pada 2019, Jenderal Burhan diketahui beberapa kali mengunjungi Al-Nahyan di Abu Dhabi.

Cameron Hudson, pengamat Sudan di lembaga hubungan internasional Dewan Atlantik, menyebut negara-negara Arab cenderung menginginkan Khartoum dipimpin militer.

“Terdapat preferensi umum untuk seorang pemimpin (Sudan) yang kuat dari kalangan militer yang juga transaksional. Pemimpin seperti itu sesuai dengan kepentingan (negara-negara) Teluk (Arab) dibanding pemerintahan demokratik,” kata Hudson.

Selain itu, Jenderal Burhan juga memiliki sekutu dalam negeri yang kuat, yakni Muhammad Hamdan Dagalo, komandan unit paramiliter Rapid Support Forces (RSF) yang ditakuti di Sudan.

RSF diketahui aktif membantu militer dalam kudeta yang dimulai Senin (25/10) kemarin. Kelompok ini juga terlibat dalam penangkapan Perdana Menteri Abdall Hamdok serta sejumlah pejabat tinggi.

Baca Juga: Sejarah Kudeta Militer Sudan: Konflik Tak Berkesudahan dan Puluhan Tahun Kediktatoran Militer



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x