Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Saran Jubir Pengganti Fadjroel Rachman Harus Komunikatif dan Pintar

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 22:11 WIB
wakil-ketua-dpr-saran-jubir-pengganti-fadjroel-rachman-harus-komunikatif-dan-pintar
Wakil Ketua DPR RI Sufri Dasco Ahmad di kompleks parlemen. (Sumber: Kompas.com/Tsarina Maharani)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo resmi melantik Fadjroel Rachman sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan.

Penugasan baru kepada Fadjroel ini membuat posisi juru bicara presiden kosong. Sejauh ini Istana belum menunjuk pengganti Fadjroel Rachman. 

Posisi jubir presiden kini ditangani oleh Menteri Sekretariat Negara Partikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca Juga: Jokowi Lantik 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat, Fadjroel Jadi Dubes Kazakhstan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyarankan jika nantinya presiden kembali mengangkat jubir, pihak yang dipilih harus komunikatif, pintar dan energik dalam menyampaikan pesan pemerintah kepada publik.

"Jika presiden mengambil keputusan untuk memerlukan jubir, saya mengimbau supaya jubir yang akan diangkat nanti tentunya komunikatif, smart dan energik," ujarnya, Rabu (27/10/2021).

Meski saat ini sudah ada tiga pejabat yang menjadi komunikasi publik Istana, namun perlu atau tidaknya juru bicara presiden sepenuhnya kepentingan Joko Widodo.

"Mengenai kebutuhan apakah perlu atau tidak perlu (mengangkat juru bicara) tentunya Pak Jokowi yang lebih tahu, apakah masih memerlukan jubir atau tidak," ujar Dasco. 

Baca Juga: Ada Kemungkinan Jokowi Kosongkan Posisi Jubir Presiden Usai Fadjroel Rachman Resmi Jadi Dubes

Sebelumnya Presiden Joko Widodo melantik 17 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia. Salah satunya yakni Fadjroel Rachman

Pelantikan 17 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia ini digelar di Istana Kepresidenan, Senin (25/10/2021).

Selain Fadjroel, eks Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pada saat Pilpres 2019, Lena Maryana Mukti, juga masuk dalam daftar dubes. 

Baca Juga: Fahri Hamzah Nilai Pramono Anung Cocok Jadi Jubir Presiden Gantikan Fadjroel Rachman

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu dilantik sebagai Duta Besar untuk Negara Kuwait. 

Kemudian, ada pula nama pengusaha yang juga mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani. Rosan dilantik sebagai dubes RI untuk Amerika Serikat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x