Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Siber Lumpuhkan SPBU Iran, Presiden Raisi: Ada yang Ingin Bikin Kacau Iran

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 21:34 WIB
serangan-siber-lumpuhkan-spbu-iran-presiden-raisi-ada-yang-ingin-bikin-kacau-iran
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Ebrahim Raisi menuding ada pihak yang ingin menimbulkan kekacauan di Iran dengan serangan siber yang melumpuhkan SPBU pada Selasa (26/10/2021). (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Serangan siber melumpuhkan layanan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di seantero Iran pada Selasa (26/10/2021). Serangan ini juga menyebabkan antrean panjang pada Rabu (27/10).

Media pemerintah Iran, ISNA melaporkan bahwa 80 persen SPBU sudah bisa beroperasi normal pada Rabu pagi waktu setempat.

Menanggapi serangan itu, Presiden Iran Ebrahim Raisi menuduh ada pihak anti-Iran yang ingin menimbukan kekacauan. 

Raisi mengeklaim serangan siber ini dirancang untuk “membuat orang marah dengan menimbulkan gangguan serta keadaan berantakan”.

Serangan tersebut memaksa warga Iran tidak jadi membeli bahan bakar atau mesti membayarnya dengan lebih mahal. Pasalnya, serangan ini melumpuhkan sistem pemberian subsidi yang terintegrasi dengan mesin SPBU.

Baca Juga: Gangguan Sistem Hentikan Layanan Pom Bensin Iran, Diduga akibat Serangan Siber

Warga Iran bisa mendapatkan bahan bakar bersubsidi jika membelinya dengan kartu yang diberi pemerintah. Sistem tersebut lumpuh akibat serangan siber pada Selasa.

Raisi menyebut pemerintahannya yakin penyerang ingin menghasut kerusuhan di Iran. Serangan ini pun bertepatan dengan peringatan dua tahun protes berdarah akibat naiknya harga bahan bakar pada 2019 lalu.

“Harus ada kesiapan serius dalam ranah perang siber dan lembaga terkait tidak boleh membiarkan musuh mencapai tujuan jahat mereka untuk menimbulkan masalah dalam kehidupan rakyat,” kata Raisi dikutip Associated Press.

Rakyat Iran sudah sejak lama bergantung pada bahan bakar bersubsidi. Pada 2019 lalu, rencana penaikan harga bahan bakar memantik protes besar-besaran. Amnesty International menyebut 304 orang terbunuh dalam protes ini.

Pada Juli 2021, serangan siber juga menyerang sistem rel kereta api Iran. Sebuah lembaga keamanan siber Israel menyebut, serangan itu didalangi oleh kelompok peretas yang menamakan diri Indra.

Serangan rel dan SPBU pun memiliki kemiripan, yakni peretas sama-sama mengirim pesan “64411”. Nomor itu merupakan salah satu saluran telepon ke kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei.

Sekretaris Dewan Dunia Maya Iran Abulhassan Frouzabadi menyebut, baik serangan rel atau SPBU kemungkinan dilancarkan dari luar negeri.

“Ada kemungkinan bahwa serangan ini, seperti sebelumnya yang menyerang sistem rel kereta, dilakukan dari luar negeri,” kata Firouzabadi.

Akan tetapi, mantan wakil menteri bidang telekomunikasi Iran, Amir Nazemy menyebut jaringan SPBU tidak terhubung dengan internet. Klaim Nazemy mengindikasikan bahwa ada orang dalam yang memfasilitasi serangan ini.

Baca Juga: Iran Diduga Dalangi Serangan ke Pangkalan Militer AS di Suriah

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.