Kompas TV video sinau

Kok Bisa? Kecoak Selalu Mati dalam Posisi Terbalik

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 20:29 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Banyak orang yang kurang suka dengan serangga ini. Hadirnya kecoak di rumah, dianggap sebagai pengganggu, karena mereka sering berada di area yang kurang higienis. Jadi orang-orang selalu berusaha menghabisi kecoak jika menemukannya di rumah. Meski demikian, ada fakta unik tentang hewan ini, yaitu kenapa ketika mati, selalu dalam posisi terbalik? Posisi kecoak yang terbalik ini, membantunya untuk bertahan hidup sedikit lebih lama, posisi terbalik membuat kecoak mendapat udara segar, ketika disemprot insektisida,  atau senyawa kimia pembunuh serangga.

Mengutip Kompas.com, kecoak yang disemprot dengan insektisida, akan mati dalam posisi tubuh terbalik. Kandungan insektisida, berpengaruh pada sistem saraf kecoak. Membuat beberapa enzim muncul di tubuh mereka. Enzim ini yang mengakibatkan kecoak kejang otot dan tidak mampu menopang tubuhnya. Faktanya, tidak semua kecoak mati dalam posisi terbalik. Di alam liar kecoak ditemukan mati karena usia tua. atau karena dimangsa burung. Kecoak adalah hewan yang tangguh, karena mampu menahan napas selama 30 menit di air. Selain itu serangga ini mampu hidup tanpa kepala selama 10 hari. Karena, mereka tidak terlalu banyak makan, dan bernapas lewat sisi tubuhnya.

Baca Juga: Unik, Demi Selamatkan Nyawa Kecoak yang Sekarat, Pria Ini Membawanya ke Dokter Hewan

https://www.kompas.tv/article/178035/unik-demi-selamatkan-nyawa-kecoak-yang-sekarat-pria-ini-membawanya-ke-dokter-hewan  

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.