Kompas TV video sinau

Apa itu Menwa?

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 19:33 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Jika di tingkat pelajar, ada kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah di tingkat perguruan tinggi, ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk berhimpunnya mahasiswa dengan minat yang sama. Misalnya, fotografi, teater, musik, dan lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber. Resimen Mahasiswa ( Menwa) juga termasuk sebuah UKM. Yang menampung mahasiswa dengan minat di bidang bela negara. Menwa hadir di tingkat perguruan tinggi sebagai perwujudan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).

Markas komando  Menwa berada di perguruan tinggi, di kesatuan masing-masing. Menwa berada langsung di bawah Rektorat. Dengan anggota, mahasiswa/mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Latihan anggota Menwa mirip dengan anggota TNI. Yaitu, bela diri militer, survival, terjun payung, penyamaran, dan lainnya.

Dengan semboyan Widya Castrena Dharma Siddha. Artinya, penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan. Maksud dari ilmu pengetahuan adalah ilmu dari kampus untuk bekal masa depan.

Kemudian keprajuritan, jiwa keperwiraan, keksatriaan, dan kepemimpinan. Meski seragam Menwa mirip anggota TNI, mereka bukan anggota TNI. Singkatnya, Menwa berfungsi sebagai komponen cadangan pertahanan dan wadah mahasiswa menyalurkan minat dan bakat.

Baca Juga: Satu Peserta Diklat Meninggal Dunia, Pihak Kampus Bekukan Sementara Kegiatan Menwa UNS

https://www.kompas.tv/article/225936/satu-peserta-diklat-meninggal-dunia-pihak-kampus-bekukan-sementara-kegiatan-menwa-uns 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x