Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rakor dengan Kemenkopolhukam

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 19:11 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-ikuti-rakor-dengan-kemenkopolhukam
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rakor dengan Kemenkopolhukam Rabu (27/10). (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

Makassar. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto didampingi Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Maemuna dan Para perancang peraturan perundang undangan ikuti Rapat Koordinasi Uji Sahih Hasil Pengkajian Kebijakan Kementerian dan Lembaga di Bidang Kesatuan Bangsa secara daring bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Rabu (27/10).

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan kementerian dan lembaga di bidang kesatuan bangsa.

Terdapat 4 (empat) isu strategis dalam pembahasan rakor ini, yaitu pertama Proposionalitas Pembagian Urusan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKR, kedua Pembentukan dan Pengawasan Produk Hukum Daerah dalam rangka Menjaga Kesatuan Bangsa, ketiga Kebebasan Berserikat, Berkumpul, dan Menyampaikan Pendapat dalam Kerangka Kesatuan Bangsa, dan keempat Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang Berkeadilan dalam rangka Memperkukuh Kesatuan Bangsa.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Mahfud MDMengatakan bahwa Kita bersama telah membuat dan melaksanakan berbagai kebijakan dan program untuk mengukuhkan dan menjaga kesatuan bangsa pada tataran pelaksanaan program, dihadapkan dengan kondisi dan dinamika masyarakat yang semakin cepat.

Oleh karena itu setiap kebijakan dan program perlu dievaluasi terus-menerus dan dilakukan perbaikan serta penyempurnaan sesuai dengan rekomendasi yang berbasis pada fakta yang dianalisis secara mendalam

"Saya berharap, hasil pengkajian yang dipaparkan dalam kegiatan uji sahih ini memperoleh masukkan yang konstruktif, rekomendasi yang dihasilkan tentu akan semakin tajam dan memiliki relevansi kuat dan dapat dilaksanakan dalam penyelenggaraan di bidang kesatuan bangsa “ Kata Menko Mahfud MD.

Hadir sebagai undangan dalam rakor ini yaitu, Jajaran Kementerian Kabinet Indonesia Maju, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksanaan Agung, Ombudsman RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Komnas HAM, Badan Intelijen Negara, Badan Siber Sandi Negara, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komisi Kepolisian Nasional, dan Komisi Kejaksaan.



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.