Kompas TV regional peristiwa

Laporan PT Transjakarta ke DPRD DKI: Bus yang Terlibat Kecelakaan Laik Operasi

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 14:59 WIB
laporan-pt-transjakarta-ke-dprd-dki-bus-yang-terlibat-kecelakaan-laik-operasi
Polisi akan menyelidiki kemungkinan rem blong sebagai penyebab kecelakaan bus Transjakarta yang terjadi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, pagi tadi, Senin (25/10/2021). (Sumber: TribunJakarta/Bima Putra)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Transjakarta menyebut bus Transjakarta dengan nomor lambung  BMP-240 yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021) dalam kondisi laik operasi. 

Klaim tersebut tercantum dalam laporan PT Transjakarta yang dipaparkan dalam rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/10/2021).

"Kendaraan tersebut (BMP-240) sebelum beroperasi dinyatakan lain operasi (SGO)," tulis dokumen laporan Transjakarta yang diterima Kompas.tv dari Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz, Rabu (27/10/2021).

Berdasarkan laporan tersebut, bus BMP-240 terakhir menjalani pemeriksaan pada 21 Oktober 2021 dan disebut sesuai dengan standar pemeriksaan minimal per tujuh hari. 

Baca Juga: Polisi Bantah Supir Kecelakaan Maut Transjakarta Ditetapkan Jadi Tersangka: Belum Bisa Disimpulkan

Selain itu, kendaraan dinyatakan telah mendapatkan perawatan terjadwal dan tidak terjadwal yang sesuai dengan pedoman perawatan Agen Pemegang Merek (APM). Untuk service dan perawatan bus terakhir dilakukan pada 5 Oktober lalu.

"Kendaraan tersebut telah mendapat perawatan terjadwal dan tidak terjadwal yang sesuai dengan pedoman perawatan," tulis Transjakarta.

Pada laporan tersebut juga dituliskan bahwa pengemudi sudah memiliki sertifikasi pengemudi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang masih berlaku.

Mengutip laporan tersebut, sopir kendaraan yang tewas akibat peristiwa tersebut sudah dimakamkan di Cianjur. Sementara korban kecelakaan diberikan santunan dari operator Bianglala Metropolitan, PT Transjakarta dan Jasa Raharja.

Sebelumnya, kecelakaan maut terjadi antara dua bus Transjakarta di sekitar MT Haryono, Senin (25/10/2021) pagi. Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang dan menyebabkan 37 lainnya luka-luka. 

Baca Juga: Kesaksian Korban Transjakarta Maut, Sopir Tampak Tak Mengerem dan Penumpang Terpental



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.