Kompas TV regional berita daerah

Narapidana Yang Akan Bebas Dilatih Membuat Kerajinan Dari Koran Bekas

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Sejak pagi hari, Suyanto sibuk mengolah tumpukan koran bekas menjadi kerajinan. Dengan cekatan dan telaten satu persatu lembar koran diubahnya menjadi berbagai kerajinan miniatur.

Kegiatan narapidana Lapas Kelas 2 B Blitar itu merupakan salah satu bentuk program pelatihan kerja. Kegiatan tersebut sengaja dijalankan untuk memberikan bekal keterampilan kerja bagi narapidana.

Sehingga diharapkan keterampilan yang didapatkan para pelaku kejahatan tersebut dapat diterapkan di kehidupan nyata setelah bebas nanti. Diharapkan para narapidana tersebut tidak kembali melakukan aksi kriminalitas.

Berbagai kerajinan pun telah dihasilkan oleh para narapidana dari bahan baku koran bekas. Mulai dari miniatur kapal, motor, hingga truk, semua mampu dirakit dengan bagus oleh narapidana.

Tidak hanya merakit koran menjadi kerajinan namun narapidana tersebut juga diberikan kewenangan untuk menentukan harga jual produknya. Sehingga dengan begitu, narapidana juga dilatih untuk berpikir tentang menjalankan usaha. Hasil penjualan produk miniatur tersebut juga dikembalikan pihak lapas kepada narapidana.

#Blitar #narapidana #kriminal #kerajinan #miniatur #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x