Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bisnis Penerbangan Berat, Ini Daftar 11 Maskapai Indonesia yang Bangkrut dan Berhenti Beroperasi

Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:18 WIB
bisnis-penerbangan-berat-ini-daftar-11-maskapai-indonesia-yang-bangkrut-dan-berhenti-beroperasi
Merpati Nusantara Airlines adalah salah satu dari 11 maskapai di Indonesia yang berhenti beroperasi dan bangkrut karena berbagai sebab.. (Sumber: Dok. Merpati Nusantara Airlines)

Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia saat ini tengah menghadapi gugatan PKPU dari PT Mitra Buana Koorporindo sebagai merupakan kreditur Garuda, yang menyediakan solusi teknologi informasi. Jika gugatan itu dikabulkan hakim, Garuda Indonesia bisa dinyatakan pailit.

Menteri BUMN Erick Thohir pun meminta Garuda fokus dengan penerbangan domestik saja. Lantaran keuangan Garuda mulai tidak sehat sejak menggarap rute internasional.

Garuda harus menyewa pesawat dari puluhan lessor atau pihak yang menyewakan pesawat. Belum lagi ada indikasi korupsi dari penyewaan pesawat tersebut.

Ternyata, bisnis penerbangan di Indonesia memiliki banyak tantangan. Tercatat sudah ada 11 maskapai yang gunung tikar karena berbagai sebab.

Mengutip dari Kompas.com, Rabu (27/10/2021), berikut daftar 11 maskapai yang bangkrut dan berhenti beroperasi:

Baca Juga: Digugat PKPU Lagi, Ini Langkah Garuda Indonesia Menghadapinya

1. Adam Air

Adam Air adalah maskapai swasta yang pernah disebut sebagai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier terbaik di Indonesia. Adam Air juga memiliki rute penerbangan yang luas dan menambah banyak pesawat sejak didirikan pada 2002.

Tapi, reputasi Adam Air anjlok seketika saat kecelakaan menimpa pesawatnya. Pesawat Adam Air KI 457 rute Jakarta-Manado jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007. Badan pesawat hancur, seluruh penumpang dan kru pesawat berjumlah 102 orang meninggal dunia.

Hingga pada 19 Juni 2008, pemerintah pun akhirnya mencabut izin terbang Adam Air.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19