Kompas TV internasional kompas dunia

Dikritik Enggan Bagi Resep Vaksin, Moderna Jual 110 Juta Dosis ke Afrika

Rabu, 27 Oktober 2021 | 10:01 WIB
dikritik-enggan-bagi-resep-vaksin-moderna-jual-110-juta-dosis-ke-afrika
Analisis sementara Moderna dari uji klinis tahap pertengahan hingga akhir terhadap 4.753 anak menunjukkan, dua dosis vaksin menghasilkan antibodi penetralisir virus corona tingkat tinggi, yaitu protein berbentuk Y yang mengikat virus corona dan menghalanginya memasuki sel manusia, seperti dilansir France24, Senin, 25 Oktober 2021 (Sumber: France24 via AFP)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Produsen vaksin asal Amerika Serika (AS), Moderna, akan menjual 110 juta dosis vaksin Covid-19 ke negara Uni Afrika (African Union).

Mengutip dari Forbes, Rabu (27/10/2021), langkah itu diambil di tengah kritik terhadap Moderna yang tidak mau membagikan resep vaksinnya ke produsen di negara-negara miskin. 

Jika Moderna memberikan resepnya, para produsen tersebut bisa membuat vaksin lokal untuk mereka sendiri. Moderna sebelumnya juga menyatakan mereka tidak bisa memasok banyak vaksin ke negara-negara miskin dalam waktu dekat, karena stoknya terbatas. 

Dengan kesepakatan penjualan itu, Moderna seolah ingin menegaskan komitmen mereka membantu negara miskin. 

Baca Juga: Panel Penasihat FDA Setujui Vaksin Pfizer Diberikan Pada Anak Umur 5-11 tahun

Produsen vaksin bernama Afrigen Biologics and Vaccines tengah berupaya membuat ulang vaksin Prizes dan Moderna agar dapat digunakan di Afrika. Para ahli menilai prosesnya akan lebih mudah jika perusahaan seperti Moderna atau Pfizer setuju untuk berbagi keahlian mereka.

"Perusahaan-perusahaan itu sejauh ini belum membagikan pengetahuan mereka meskipun menghadapi tekanan publik, termasuk tuntutan pemerintahan Biden pada Moderna," kata perwakilan Afrigen Biologics and Vaccines kepada Forbes. 

Di sisi lain, organisasi kesehatan dunia WHO terus berupaya membantu negara-negara miskin mendapat vaksin. WHO membutuhkan dana 22,8 miliar dollar AS untuk mengirimkan vaksin COVID-19 dan obat antivirus ke negara-negara tersebut. 

Baca Juga: Moderna Tak Berencana Bagikan Resep Vaksin Covid-19

Tujuannya, agar 40 persen populasi di setiap negara sudah divajsin pada akhir 2021 dan 70 persen di akhir tahun depan. 

Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

Sumber : Forbes



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19