Kompas TV internasional kompas dunia

Senator Brasil Ingin Bolsonaro Didakwa dengan Tuduhan Lalai Hadapi Pandemi

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 07:52 WIB
senator-brasil-ingin-bolsonaro-didakwa-dengan-tuduhan-lalai-hadapi-pandemi
Senator Omar Aziz (kiri), Randolfe Rodrigues (tengah), dan Renan Calheiros (kanan), menghadiri sesi komisi yang menyelidiki manajemen pemerintah terhadap pandemi COVID-19 di Senat Federal di Brasilia, Brasil, Selasa, 26 Oktober 2021. (Sumber: AP Photo/Eraldo Peres)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

BRASILIA, KOMPAS.TV — Komite Senat Brasil merekomendasikan agar Presiden Jair Bolsonaro menghadapi serangkaian dakwaan pidana atas kelalaian dalam menghadapi pandemi, Selasa (26/10/2021). 

Kelalaian ini diyakini membuat Brasil mencapai jumlah kematian tertinggi kedua di dunia akibat Covid-19. 

Pemungutan suara oleh komite yang beranggotakan 11 orang menghasilkan suara 7 banding 4. Hal ini mengakhiri penyelidikan enam bulan atas penanganan pandemi oleh pemerintah. 

Mereka kemudian menyerukan jaksa untuk mengadili Bolsonaro dengan berbagai tuduhan, mulai dari penipuan dan menghasut, hingga penyalahgunaan dana dan kejahatan publik untuk melawan kemanusiaan.

Baca Juga: Presiden Brasil Bolsonaro Diprotes Warga Soal Penanganan Covid-19, Lebih Dari 600 Ribu Meninggal

Senator Omar Aziz, yang merupakan ketua penyelidikan, mengatakan dia akan menyerahkan hasil penyelidikan kepada jaksa agung Rabu (27/10/2021) pagi waktu setempat.

Hingga saat ini, lebih dari 600.000 orang telah meninggal dunia karena Covid-19 di Brasil. Namun demikian, Bolsonaro telah membantah melakukan kesalahan.

Sejak awal pandemi, Bolsonaro telah menyabotase aturan pembatasan sosial yang diberlakukan para pemimpin lokal. Ia mengatakan ekonomi harus terus berjalan agar orang miskin tidak menderita kesulitan yang lebih buruk. 

Dia juga terus-menerus menggembar-gemborkan obat anti-malaria lama sebagai obat COVID-19. Padahal sebelumnya telah ada pengujian yang menunjukkan bahwa obat tersebut tidak efektif melawan COVID-19.

Baca Juga: Dianggap Menyesatkan, YouTube Hapus Postingan Video Presiden Brasil Jair Bolsonaro Terkait Covid-19

Seperti dikutip dari The Associated Press, Ia juga kerap mengumpulkan orang banyak hingga membuat kerumunan tanpa memakai masker dan menabur keraguan tentang vaksin.

Bolsonaro membela diri dengan mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya pemimpin dunia yang cukup berani untuk menentang kebenaran politik dan rekomendasi kesehatan global, dan bahwa dia tidak melakukan kesalahan sedikit pun.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x