Kompas TV internasional kompas dunia

Senator Brasil Ingin Bolsonaro Didakwa dengan Tuduhan Lalai Hadapi Pandemi

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:52 WIB
senator-brasil-ingin-bolsonaro-didakwa-dengan-tuduhan-lalai-hadapi-pandemi
Senator Omar Aziz (kiri), Randolfe Rodrigues (tengah), dan Renan Calheiros (kanan), menghadiri sesi komisi yang menyelidiki manajemen pemerintah terhadap pandemi COVID-19 di Senat Federal di Brasilia, Brasil, Selasa, 26 Oktober 2021. (Sumber: AP Photo/Eraldo Peres)

BRASILIA, KOMPAS.TV — Komite Senat Brasil merekomendasikan agar Presiden Jair Bolsonaro menghadapi serangkaian dakwaan pidana atas kelalaian dalam menghadapi pandemi, Selasa (26/10/2021). 

Kelalaian ini diyakini membuat Brasil mencapai jumlah kematian tertinggi kedua di dunia akibat Covid-19. 

Pemungutan suara oleh komite yang beranggotakan 11 orang menghasilkan suara 7 banding 4. Hal ini mengakhiri penyelidikan enam bulan atas penanganan pandemi oleh pemerintah. 

Mereka kemudian menyerukan jaksa untuk mengadili Bolsonaro dengan berbagai tuduhan, mulai dari penipuan dan menghasut, hingga penyalahgunaan dana dan kejahatan publik untuk melawan kemanusiaan.

Baca Juga: Presiden Brasil Bolsonaro Diprotes Warga Soal Penanganan Covid-19, Lebih Dari 600 Ribu Meninggal

Senator Omar Aziz, yang merupakan ketua penyelidikan, mengatakan dia akan menyerahkan hasil penyelidikan kepada jaksa agung Rabu (27/10/2021) pagi waktu setempat.

Hingga saat ini, lebih dari 600.000 orang telah meninggal dunia karena Covid-19 di Brasil. Namun demikian, Bolsonaro telah membantah melakukan kesalahan.

Sejak awal pandemi, Bolsonaro telah menyabotase aturan pembatasan sosial yang diberlakukan para pemimpin lokal. Ia mengatakan ekonomi harus terus berjalan agar orang miskin tidak menderita kesulitan yang lebih buruk. 

Dia juga terus-menerus menggembar-gemborkan obat anti-malaria lama sebagai obat COVID-19. Padahal sebelumnya telah ada pengujian yang menunjukkan bahwa obat tersebut tidak efektif melawan COVID-19.

Baca Juga: Dianggap Menyesatkan, YouTube Hapus Postingan Video Presiden Brasil Jair Bolsonaro Terkait Covid-19

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19