Kompas TV nasional indonesia update

Kemenparekraf Jadi Badan Publik Informatif dalam Ajang Anugerah KIP 2021

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 23:33 WIB
kemenparekraf-jadi-badan-publik-informatif-dalam-ajang-anugerah-kip-2021
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) raih penghargaan Badan Publik Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021, yang diinisiasi oleh Komisi Informasi Pusat. (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berhasil menyabet predikat Badan Publik Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021.

Oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, penghargaan itu lantas disebut sebagai bukti dari keseriusan instansinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat lewat keterbukaan informasi.

Menurut Sandiaga, pemerintah dan masyarakat memang sepatutnya saling terbuka agar kerja sama antara keduanya dapat terbentuk, khususnya di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini.

"Selama 1,5 tahun terakhir, kita berjuang bersama melawan pandemi Covid-19 yang memberikan dampak luar biasa, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Namun, kita harus optimis dan semangat untuk bangkit," kata Sandiaga dikutip dari Antara, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Kemenparekraf akan Pantau Pembukaan Penerbangan Internasional bagi Wisatawan Secara Berkala

Sandiaga pun mengungkapkan, platform digital sangat berperan besar dalam upaya Kemenparekraf untuk meningkatkan pelayanan informasi publik.

Tentunya, lanjut Sandiaga, penggunaan platform digital tersebut juga mesti dibarengi dengan tetap mengutamakan kecepatan dan ketepatan informasi.

Adapun, proses monitoring dan evaluasi dalam gelaran Anugerah KIP 2021 menggunakan empat indikator penilaian.

Keempat indikator tersebut adalah perkembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, serta penyediaan informasi publik.

Baca Juga: Kemenparekraf dan Kadin Teken MoU untuk Kembangkan Parekraf

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri menerangkan bahwa indikator pelayanan informasi publik menjadi hal penting bagi seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terlebih selama pandemi Covid-19.

"Keterbukaan informasi dan data merupakan hal penting, sehingga kami bisa memetakan rencana dan langkah dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x