Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Genap 25 Tahun, Kontan Luncurkan Buku "Melintasi 3 Krisis Multidimensi"

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 05:05 WIB
genap-25-tahun-kontan-luncurkan-buku-melintasi-3-krisis-multidimensi
25 tahun berdiri sebagai media, Kontan luncurkan buku Melintasi 3 Krisis Multidimensi. (Sumber: Kontan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pameran keuangan virtual terbesar Indonesia, Financial Expo & Forum, resmi ditutup Minggu (24/10/2021) lalu. Dalam acara tersebut, Kontan turut meluncurkan buku bertajuk Melintasi 3 Krisis Multidimensi.

Kontan, yang kini telah berusia 25 tahun, sebagai perusahaan media memang sudah merekam kebangkitan Indonesia dari tiga krisis ekonomi besar.

Mulai dari Krisis 1997/1998, Krisis 2008 serta yang teranyar tentunya Krisis Pandemi 2020.

Ardian Taufik Gesuri, Pemimpin Redaksi Kontan menjelaskan, peluncuran buku Melintasi 3 Krisis Multidimensi ini merupakan tonggak penting kinerja intelektual redaksi Kontan sebagai wartawan yang berlandaskan reportase dan riset selama 25 tahun.

Langkah tersebut senada dengan pemikiran salah satu pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, yang menganggap "Buku adalah mahkota wartawan".

Secara garis besar, lanjut Ardian, buku ini menjelaskan krisis ekonomi dan dampak yang dialami Indonesia. Tak lupa pula dilengkapi dengan berbagai respons pemerintah dalam mengatasinya sehingga para pembaca dapat memetik pelajaran yang diambil pasca krisis.

Dalam buku tersebut, Ardian juga menyadari ada fakta-fakta yang belum terungkap dari sudut pandang para pejabat pemerintah.

"Oleh karena itu, untuk menyelami lebih dalam, kami menyelenggarakan diskusi bersama para tokoh yang mengalami langsung krisis Indonesia. Semoga buku dan diskusi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," terangnya pada diskusi virtual Memaknai Krisis, Minggu (24/10/2021), yang juga bersamaan dengan peluncuran buku Melintasi 3 Krisis Multidimensi.

Dalam diskusi tersebut, turut hadir pula Menteri keuangan Sri Mulyani dan Menteri Keuangan periode 2014-2016, Bambang Brodjonegoro, sebagai pembicara.

Baca Juga: Peluncuran Buku 25 Tahun Kontan, Refleksi Sejarah Indonesia dalam 3 Krisis Multidimensi

Upaya Pemulihan

Sri Mulyani memaparkan perjalanan Indonesia dalam mengarungi ketiga krisis multidimensi di era reformasi.



Sumber : Kompas TV/Kontan

BERITA LAINNYA



Close Ads x