Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Joe Biden Hadir Langsung secara Virtual di KTT ASEAN, Tekankan Pentingnya ASEAN bagi AS

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 22:44 WIB
presiden-as-joe-biden-hadir-langsung-secara-virtual-di-ktt-asean-tekankan-pentingnya-asean-bagi-as
Presiden Joe Biden dalam KTT ASEAN di depan 9 dari 10 kepala negara anggota ASEAN itu menyebut hubungan Amerika Serikat dengan ASEAN sebagai 'esensial', seperti dilansir Associated Press, Selasa, (26/10/2021) (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hari Selasa (26/10/2021) hadir langsung secara virtual di KTT ASEAN, berupaya meningkatkan pelibatan AS dengan ASEAN dan negara-negara anggotanya. 

Presiden Joe Biden dalam KTT ASEAN di depan 9 dari 10 kepala negara anggota ASEAN itu menyebut hubungan Amerika Serikat dengan ASEAN "esensial," seperti dilansir Associated Press, Selasa (26/10/2021)

"Saya ingin Anda semua mendengar langsung dari saya betapa pentingnya bagi Amerika Serikat hubungan dengan ASEAN. Anda akan melihat saya lebih sering muncul dan meraih Anda," kata Biden.

Pada saat yang sama, Biden juga mengumumkan prakarsa 100 juta dollar AS untuk meningkatkan hubungan Amerika Serikat dan ASEAN.

Baca Juga: Biden Akan Hadir di KTT ASEAN, Upaya AS untuk Hadang Langkah China?

Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN 26 Oktober 2021 kepada para pemimpin ASEAN, seperti dikutip Menlu Retno Marsudi, mengatakan tidak diundangnya Myanmar, yang belum pernah terjadi sebelumnya “adalah keputusan yang sulit tetapi harus dilakukan.” (Sumber: Brunei ASEAN Summit via AP)

Pelibatan diri AS itu terjadi ketika Biden ingin memperkuat kehadiran AS di Pasifik dalam menghadapi pertumbuhan China sebagai ancaman keamanan dan pesaing ekonomi AS.

Kehadiran Joe Biden ini juga menandai pertama kalinya sejak 2017, ketika Presiden Donald Trump berpartisipasi dalam KTT ASEAN di Manila, bahwa seorang presiden AS ambil bagian dalam pertemuan blok tersebut.

Pendanaan baru dari AS itu akan mencakup dana untuk kesehatan, inisiatif baru perubahan iklim, program untuk membantu pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 dan program pendidikan.

Sehari sebelumnya, Gedung Putih mengatakan, Joe Biden akan membahas komitmen berkelanjutan AS terhadap peran sentral ASEAN dalam urusan regional, serta akan membahas inisiatif baru untuk memperkuat kemitraan strategis AS bersama ASEAN. "Kami bekerja sama untuk mengakhiri pandemi Covid-19, mengatasi krisis iklim, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengatasi berbagai tantangan dan peluang regional lainnya," tutur juru bicara Gedung Putih.

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.