Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Gelar Pertemuan Regional Bahas Afghanistan, Taliban Tidak Diajak

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 21:52 WIB
iran-gelar-pertemuan-regional-bahas-afghanistan-taliban-tidak-diajak
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh. Pertemuan regional tingkat menteri luar negeri yang membahas tentang Afghanistan dijadwalkan akan digelar di Teheran, Iran, Rabu (27/10/2021). (Sumber: Ariana News)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Pertemuan regional tingkat menteri luar negeri yang membahas tentang Afghanistan dijadwalkan akan digelar di Teheran, Iran, besok (27/10/2021).

Pertemuan tersebut akan dihadiri perwakilan dari negara-negara tetangga Afghanistan, Rusia, dan China. Namun, dilaporkan tidak ada perwakilan Emirat Islam Afghanistan, pemerintah Afghanistan pimpinan Taliban, yang diundang.

Menurut media lokal Afghanistan, Ariana News, seorang pejabat Emirat Islam Afghanistan, Senin (25/10/2021), mengatakan, pihaknya telah meminta informasi tentang pertemuan tersebut kepada Iran. Namun, belum mendapatkan balasan.

Sementara itu, juru bicara menteri luar negeri Iran mengatakan Presiden Iran Ebrahim Raisi akan menyampaikan pidato pembukaan pada pertemuan yang akan dihadiri menteri luar negeri Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Pakistan. Sedangkan menteri luar negeri China dan Rusia akan hadir secara virtual.

Baca Juga: China Makin Gencar Bujuk Rayu Taliban, Janji Bantu Bangun Kembali Afghanistan

Mengutip kantor berita Iran, IRNA, Ariana News menyebutkan, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres juga akan mengeluarkan sebuah pesan yang ditujukan kepada pertemuan tersebut.

“Pertemuan menteri-menteri luar negeri negara-negara tetangga Afghanistan akan digelar besok dengan partisipasi dari enam negara tetangga ditambah Rusia,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Selasa (26/10/2021), seperti dikutip dari Ariana News.

“Besok, fokusnya adalah memenuhi keinginan rakyat Afghanistan dan masa depan negara itu,” imbuhnya. Khatibzadeh mengatakan, sebuah pernyataan akan dikeluarkan setelah tercapai kesepakatan di antara negara-negara tetangga Afghanistan.

Baca Juga: Badan Pangan PBB Memperingatkan, Jutaan Warga Afghanistan Saat Ini Terancam Mati Kelaparan

Adapun Duta Besar Iran Bahadar Aminian di Kabul, Afghanistan, mengatakan, masalah ekonomi dan keamanan serta pembentukan pemerintahan yang inklusif akan dibahas dalam pertemuan di Teheran.

“Dalam pertemuan di Teheran, negara-negara di kawasan ini akan menekankan tanggung jawab tentang keamanan, stabilitas ekonomi, dan pemerintahan yang inklusif,” ungkap Aminian.

Ia menambahkan, para partisipan dalam pertemuan tersebut juga akan membicarakan masalah pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan dan proyek-proyek pembangunan di negara tersebut.

Baca Juga: Piala Dunia Kriket Jadi Oase bagi Rakyat Afghanistan di Tengah Kondisi Negara yang Tak Menentu

 



Sumber : Ariana News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.