Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Pria Perlu Tahu, Ini Jenis Makanan Berprotein yang Bisa Tambah Massa Otot

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 18:47 WIB
pria-perlu-tahu-ini-jenis-makanan-berprotein-yang-bisa-tambah-massa-otot
Mengonsumsi cukup banyak protein tidak berarti akan otomatis menambah massa otot. Anda akan membutuhkan olahraga dan latihan beban, serta mengonsumsi buah, sayuran. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Protein adalah komponen penting untuk otot, kulit, rambut, dan kuku, serta antibodi, hormon, dan struktur sel. Saat seseorang tidak yakin jumlah karbohidrat dan lemak yang dapat dimakan, protein muncul sebagai makronutrien yang paling umum.

Terlepas dari itu, protein masih bisa disalahpahami. Sebagian orang hanya mengetahui bahwa protein hanya membantu dalam perkembangan otot.

Tubuh memecah protein menjadi asam amino, dan menggunakan asam amino ini untuk pemulihan dan rekonstruksi otot.

Itu benar. Tapi, protein tidak hanya berfungsi untuk membangun otot. Protein adalah salah satu dari tiga kelompok makanan utama dan terdiri dari asam amino, yang berfungsi untuk membangun sel.

Dilansir NDTV, sel-sel ini membutuhkan protein untuk berkembang dan memperbaiki diri. Ada beberapa sumber alami untuk menambahkan protein ke dalam asupan makanan.

Makanan seperti ikan, unggas, telur, kacang-kacangan dan produk susu dapat ditambahkan ke dalam makanan kita sehari-hari.

Protein juga merupakan sumber pembentukan otot, yang merupakan komponen penting dalam melaksanakan semua kegiatan sehari-hari dan pergerakan tubuh.

Banyak orang yang menghubungkan antara protein dan massa otot. Mereka menyebut protein dan asam amino penyusunnya adalah pembangun jaringan otot tubuh.

Jika otot adalah sebuah bangunan, protein adalah batu batanya.

Tubuh akan membuat beberapa asam amino ini, tetapi asam amino esensial (EAA) tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Sebagai gantinya, perlu mengonsumsi EAA dari sumber makanan seperti kacang-kacangan dan kedelai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x