Kompas TV internasional kompas dunia

Putri Mako Lepas Gelar Bangsawan Jepang, Resmi Nikahi Kei Komuro, Rakyat Biasa yang Dicintainya

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 18:12 WIB
putri-mako-lepas-gelar-bangsawan-jepang-resmi-nikahi-kei-komuro-rakyat-biasa-yang-dicintainya
Putri Mako, anak dari putra mahkota kekaisaran Jepang pangeran Akihino, resmi menikah dengan kekasihnya yang orang biasa dan bukan bangsawan, Kei Komuro, Selasa, 26 Oktober 2021. Pernikahan dengan Kei Komuro membuat Mako kehilangan status kerajaannya, pilihan yang dia ambil dengan teguh dan berani. (Sumber: AP Photo/Nicolas Datiche)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV — Putri Mako resmi menikah dengan orang biasa yang dia cintai tanpa hingar-bingar dan perayaan pernikahan tradisional pada Selasa (26/10/2021). Ia mengatakan pernikahan mereka, yang tertunda tiga tahun dan disebut tidak layak oleh beberapa orang, "adalah pilihan yang diperlukan untuk hidup sambil menghargai hati kita."

Pernikahan dengan Kei Komuro membuat Mako kehilangan status kerajaannya, pilihan yang dia ambil dengan teguh dan berani. Bahkan seperti dilansir Associated Press, Selasa, Putri Mako memilih untuk mengambil nama keluarga suaminya, Komuro, pertama kali baginya memiliki nama keluarga.

Keluarga inti Putri Mako sendiri, yaitu putra mahkota kekaisaran Jepang, terlihat mendukung secara pribadi keputusan Putri Mako untuk mengejar cintanya.

Sebagian besar wanita Jepang harus melepaskan nama keluarga mereka saat menikah karena undang-undang yang mewajibkan hanya satu nama keluarga per pasangan yang sudah menikah.

Dokumen pernikahan pasangan itu diserahkan oleh pejabat istana Selasa pagi dan diresmikan, kata Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Tidak ada pesta pernikahan atau ritual pernikahan lainnya untuk pasangan itu, dan pernikahan mereka tidak dirayakan oleh banyak orang, kata lembaga tersebut.

“Bagi saya, Kei-san (Kei Komuro) adalah orang yang tak ternilai harganya. Bagi kami, pernikahan kami adalah pilihan yang diperlukan untuk hidup sambil menghargai hati kami,” kata Putri Mako pada konferensi pers yang disiarkan televisi, menggunakan panggilan kehormatan saat berbicara tentang suaminya.

Kei Komuro mengatakan, “Saya mencintai Mako. Saya hidup hanya sekali dan saya ingin menghabiskannya dengan seseorang yang saya cintai."

Komuro mengatakan dia berharap hidup bersama Mako untuk berbagi perasaan dan mendorong satu sama lain di saat-saat bahagia dan masa-masa sulit.

“Saya berharap memiliki keluarga yang hangat dengan Mako-san, dan saya akan terus melakukan segalanya untuk mendukungnya,” katanya.

Baca Juga: Pilih Nikahi Rakyat Jelata, Putri Mako dari Jepang Resmi Tolak Dana Negara Senilai Rp19 M

Putri Mako, di dalam mobil, melambaikan tangan ke arah orang tuanya Putra Mahkota Akishino, Putri Mahkota Kiko, tengah, dan saudara perempuannya Putri Kako sebelum meninggalkan rumahnya di Akasaka Estate di Tokyo, Selasa, 26 Oktober 2021. Mako dan pacarnya yang orang biasa, Kei Komuro, menikah secara syahdu tanpa perayaan pernikahan, Selasa. (Sumber: AP Photo/Nicolas Datiche)

Mako, yang berusia 30 tahun tiga hari sebelum pernikahan, adalah keponakan Kaisar Naruhito.

Dia dan Komuro, yang merupakan teman sekelas di Universitas Kristen Internasional Tokyo, mengumumkan pada September 2017 bahwa mereka bermaksud untuk menikah pada tahun berikutnya, tetapi perselisihan keuangan yang melibatkan ibu Komuro muncul dua bulan kemudian dan pernikahan itu kemudian ditangguhkan.

Pada Selasa pagi, Mako meninggalkan istana dengan mengenakan gaun biru pucat dan memegang karangan bunga.

Dia membungkuk di luar kediaman kepada orang tuanya, Putra Mahkota Akishino dan Putri Mahkota Kiko, dan saudara perempuannya Kako, dan kemudian saudara perempuan itu saling berpelukan.

Pasangan itu tidak menjawab pertanyaan pada konferensi pers karena Mako telah menyatakan ketakutan dan kegelisahannya untuk menanggapi mereka secara langsung.

Sebagai gantinya, mereka memberikan jawaban tertulis atas pertanyaan yang diajukan oleh media sebelumnya, termasuk tentang masalah keuangan ibunya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x