Kompas TV nasional update corona

Indonesia Datangkan Obat Covid-19 Molnupiravir Akhir Tahun 2021

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 17:05 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi berjanji mendatangkan obat covid-19 Molnupiravir pada akhir tahun ini. Indonesia juga menjajaki kerjasama pembangunan pabrik obat covid-19 di Tanah Air.

Kondisi covid-19 di Tanah Air mulai melandai. Hal ini terlihat dari jumlah kasus harian yang terus mengalami penurunan.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mengantisipasi terjadinya potensi gelombang ketiga.

Sebagai antisipasi gelombang ketiga covid-19, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia bakal mendatangkan obat covid-19 Molnupiravir besutan perusahaan farmasi Merck and Co pada akhir tahun ini.

Menteri Kesehatan juga mengatakan pengadaan Molnupiravir ini merupakan kesepakatan hasil kunjungan pemerintah Indonesia ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pemerintah Berburu Molnupiravir yang Dianggap Berpotensi Jadi Obat Covid-19

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah menjajaki perusahaan farmasi Merck and Co untuk membuka pabrik obatnya di Indonesia. Termasuk penyediaan bahan baku dari obat covid-19 Molnupiravir.

Obat Molnupiravir merupakan pil eksperimental milik perusahaan farmasi Merck and Co yang disebut bakal menjadi obat covid-19 dan tengah dilirik oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Selain Indonesia, beberapa negara juga berminat untuk mendatangkan obat Molnupiravir ke negaranya, seperti Singapura, Australia, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia dan Thailand. 

Keenam negara itu telah mengajukan kesepakatan untuk mengamankan obat covid-19 Molnupiravir tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x