Kompas TV regional berita daerah

12 Tahun Jualan Kue, Ibu Muliati Bermimpi Punya Kios

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 15:07 WIB
12-tahun-jualan-kue-ibu-muliati-bermimpi-punya-kios
ibu Muliati Daeng Minne, ibu dari keempat anak ini setiap harinya berjualan kue dan nasi kuning keliling di komplek rumahnya (Sumber: act_sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, SULAWESI SELATAN – Membantu suami mencari nafkah untuk keluarga, berdagang menjadi pekerjaan tambahan selain menjadi ibu rumah tangga di rumahnya. Ia adalah ibu Muliati Daeng Minne, ibu dari keempat anak ini setiap harinya berjualan kue dan nasi kuning keliling di komplek rumahnya di Jl. Hamzah Dg Tompo, ling. Balang-balang, Kel. Borongloe, Kec. Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Prov. Sulawesi Selatan.

Penghasilan yang didapatkan dari hasil berjualan dijadikan sebagai modal tambahan dan biaya pendidikan anak-anaknya, pekerjaan yang dilakoninya ini sudah berusia 12 tahun lamanya dari sejak tahun 2010.

Setiap harinya ia dibantu oleh anak-anaknya untuk mempersiapkan jualannya, dari jam 2 subuh ia sudah beranjak dari tidur lelapnya untuk membuat kue yang akan dijualnya.

“Setiap harinya ini yang saya lakukan dengan bangun cepat supaya tidak telat untuk berjualan, kalau sudah sholat subuh saya sudah berkeliling untuk berjualan dari komplek-komplek rumah hingga di pasar terdekat dari rumah di Gowa”, jelas ibu Muliati saat ditemui dari Tim Aksi Cepat Tanggap, Kamis (21/10/2021).

Sebelum pandemi keuntungan yang didapatkannya di tabung untuk biaya hidup keluarga, namun dampak dari pandemi dagangan yang dijual membuatnya kadang tidak laku. “Rasanya sangat sedih biasanya saya menabung Rp. 100 ribu per hari, kini hanya Rp. 50 ribu saja, selama pandemi ini dagangan saya kadang tidak habis, ditambah lagi kebutuhan keluarga di rumah semakin mahal harganya”, tambahnya.

Ia berharap, jika memiliki modal usaha ibu Muliati dan keluarga akan membuka toko kue sendiri dengan menjual makanan produksi sendirinya dan tidak membuatnya lagi untuk keliling berjulan mengingat usianya yang semakin tua. Harapan ini terus menjadi doa hingga saat ini, mendapatkan modal usaha tambahan untuk usahanya akan dijadikan sebagai penopang ekonomi keluarga kelak.

Hadirkan program bantu UMKM Indonesia, Aksi Cepat Tanggap juga mengajak para sahabat dermawan yang ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan ini dapat menyalurkan donasi terbaiknya melalui https://makassar.indonesiadermawan.id/UsahaKakiLima atau melalui rekening MUAMALAT # 8010 1071 82 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel.



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x