Kompas TV regional berita daerah

12 Tahun Jualan Kue, Ibu Muliati Bermimpi Punya Kios

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:07 WIB
12-tahun-jualan-kue-ibu-muliati-bermimpi-punya-kios
ibu Muliati Daeng Minne, ibu dari keempat anak ini setiap harinya berjualan kue dan nasi kuning keliling di komplek rumahnya (Sumber: act_sulsel)

GOWA, SULAWESI SELATAN – Membantu suami mencari nafkah untuk keluarga, berdagang menjadi pekerjaan tambahan selain menjadi ibu rumah tangga di rumahnya. Ia adalah ibu Muliati Daeng Minne, ibu dari keempat anak ini setiap harinya berjualan kue dan nasi kuning keliling di komplek rumahnya di Jl. Hamzah Dg Tompo, ling. Balang-balang, Kel. Borongloe, Kec. Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Prov. Sulawesi Selatan.

Penghasilan yang didapatkan dari hasil berjualan dijadikan sebagai modal tambahan dan biaya pendidikan anak-anaknya, pekerjaan yang dilakoninya ini sudah berusia 12 tahun lamanya dari sejak tahun 2010.

Setiap harinya ia dibantu oleh anak-anaknya untuk mempersiapkan jualannya, dari jam 2 subuh ia sudah beranjak dari tidur lelapnya untuk membuat kue yang akan dijualnya.

“Setiap harinya ini yang saya lakukan dengan bangun cepat supaya tidak telat untuk berjualan, kalau sudah sholat subuh saya sudah berkeliling untuk berjualan dari komplek-komplek rumah hingga di pasar terdekat dari rumah di Gowa”, jelas ibu Muliati saat ditemui dari Tim Aksi Cepat Tanggap, Kamis (21/10/2021).

Sebelum pandemi keuntungan yang didapatkannya di tabung untuk biaya hidup keluarga, namun dampak dari pandemi dagangan yang dijual membuatnya kadang tidak laku. “Rasanya sangat sedih biasanya saya menabung Rp. 100 ribu per hari, kini hanya Rp. 50 ribu saja, selama pandemi ini dagangan saya kadang tidak habis, ditambah lagi kebutuhan keluarga di rumah semakin mahal harganya”, tambahnya.

Ia berharap, jika memiliki modal usaha ibu Muliati dan keluarga akan membuka toko kue sendiri dengan menjual makanan produksi sendirinya dan tidak membuatnya lagi untuk keliling berjulan mengingat usianya yang semakin tua. Harapan ini terus menjadi doa hingga saat ini, mendapatkan modal usaha tambahan untuk usahanya akan dijadikan sebagai penopang ekonomi keluarga kelak.

Hadirkan program bantu UMKM Indonesia, Aksi Cepat Tanggap juga mengajak para sahabat dermawan yang ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan ini dapat menyalurkan donasi terbaiknya melalui https://makassar.indonesiadermawan.id/UsahaKakiLima atau melalui rekening MUAMALAT # 8010 1071 82 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel.

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pameran Usada Rempah

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19