Kompas TV tekno aplikasi

Tak Harus Punya Banyak Follower, Semua Pengguna Twitter Kini Bisa Memulai Spaces dan Jadi Host

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 12:08 WIB
tak-harus-punya-banyak-follower-semua-pengguna-twitter-kini-bisa-memulai-spaces-dan-jadi-host
Ilustrasi menggunakan Twitter. Kini fitur Spaces bisa dinikmati semua pengguna. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jumat 22 Oktober 2021 pekan lalu, Twitter telah memperluas akses untuk fitur ruang obrolan berbasis audio bernama 'Spaces' yang kini terbuka bagi semua pengguna.

Sebelumnya, Twitter menetapkan bahwa hanya akun dengan pengikut minimal 600 followers yang boleh memulai 'Spaces' atau menjadi host.

Kebijakan tersebut dibuat karena akun dengan pengikut minimal 600 followers cenderung memiliki pengalaman yang baik dan sudah memiliki audiens.

Baca Juga: Hasilkan Uang Lewat Twitter, Yuk Kenali Fitur Ticketed Spaces dan Super Follows Ini

Sementara pengguna yang belum mencapai jumlah followers yang ditentukan hanya bisa menjadi pendengar.

Kini, Twitter mengubah kebijakan dengan menghapuskan jumlah minimal followers. Jadi, siapapun bisa memulai 'Spaces' dan menjadi host.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengetuk tombol (+) yang ada di sudut kanan bawah, tombol yang biasa digunakan untuk mengunggah cuitan.

Akan ada empat pilihan saat tombol (+) diketuk, yakni 'Spaces', 'Foto', 'Gif', dan 'Tweet'. Pilih 'Spaces' dan beri nama ruang obrolan Anda, kemudian ketuk “Mulai Spaces Anda”.

Sebelumnya, Twitter bereksperimen dengan memberikan tab untuk 'Spaces' di aplikasi. Namun, fitur ini belum diluncurkan secara luas.

Baca Juga: Bos Twitter Jack Dorsey Mengejek Ide Mark Zuckerberg Bikin Facebook Jadi Metaverse

Sejak diluncurkan, 'Spaces' mengalami berbagai pengembangan. Baru-baru ini, Twitter menambahkan kemampuan host 'Spaces' hingga dua co-host dan 10 pembicara (speaker) sehingga akan efektif untuk menggelar acara yang lebih besar dengan banyak moderator.

'Spaces' milik Twitter kini bersaing dengan berbagai aplikasi berbasis audio lain, seperti 'Clubhouse', 'Live Audio Room' milik Facebook, 'Spotify Greenroom', 'Discord', hingga 'Reddit'.



Sumber : Tech Crunch

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.