Kompas TV video sinau

Waspada! Lagi Marak Modus Penipuan COD, Berikut Tips Mencegahnya

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 11:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Sistem Cash on Delivery (COD) dalam belanja online cukup banyak digunakan di Indonesia, di mana pembeli melakukan pembayaran secara tunai saat barang diterima melalui pengiriman oleh kurir.

Namun dalam sistem COD yang diterapkan saat ini di banyak marketplace atau e-commerce, ada ketentuan paket tidak dapat dibuka sebelum penerima melakukan pembayaran.

Menurut Statistik E-Commerce 2020 yang dirilis BPS, sekitar 73 persen pembeli dari 17 ribu usaha di e-commerce melakukan pembayaran secara COD.

Melansir Katadata, Survei Jakpat menemukan sebanyak 52 persen konsumen Indonesia memilih metode COD ketika berbelanja di e-commerce dalam setahun terakhir.

Belakangan, modus penipuan dengan memanfaatkan metode pembayaran COD ramai diperbincangkan. Korban menerima bermacam-macam ‘paket palsu’ padahal korban sama sekali tidak berbelanja di e-commerce.

Baca Juga: Sistem COD Sering Bermasalah, Komunitas Konsumen Indonesia Sampaikan Cara Mitigasinya

Menurut Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC, Pratama Persadha, kasus ini bisa terjadi karena ada kebocoran data atau informasi dari sistem marketplace, pihak penjual, maupun di sistem ekspedisi.

"Pelaku bisa mendapatkan data dari berbagai macam tempat, bisa dengan membelinya atau pun mendapat data dari orang-orang yang pernah berbelanja online," terang Pratama seperti dikutip dari Kompas.com.

Agar tidak menjadi korban modus penipuan COD, ada beberapa tips yang bisa dilakukan konsumen, di antaranya:

1. Cek nama, alamat, dan nomor telepon penerima dan pengirim di kemasan paket

2. Beritahu anggota keluarga jika sedang memesan atau tidak memesan paket dengan sistem pembayaran COD.

3. Jika terkonfirmasi tidak melakukan pembelian, tolak menerima dan membayar barang lalu kembalikan barang dengan sopan kepada kurir.

Untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi, pemilik paket sebaiknya merusak bagian data atau identitas pada bagian resi di kemasan paket sebelum dibuang ke tempat pembuangan umum.

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x