Kompas TV regional berita daerah

Gerakan Satu Pohon Satu Nafas di Objek Wisata

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 10:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebagai kawasan penyangga air dan oksigen di wilayah Kedungpane Kota Semarang, maka gerakan satu pohon satu nafas dilakukan untuk tujuan jangka panjang, yakni menciptakan penghijauan dan mencegah longsor di objek wisata Jamal Sari Waduk Jatibarang Kota Semarang. Selain menanam bibit pohon jenis trembesi, aksi gerakan penghijauan ini juga menanam bibit pohon buah-buahan  seperti mangga dan rambutan.

“Ini sangat bermanfaat, yang pertama untuk pelastarian lingkungan, di tempat ini adalah lahan konservasi , sebagai lahan konservasi  tentunya membutuhkan banyak tanaman-tanaman, sedangkan yang diberikan di sini adalah tanaman buah. Tanaman buah ini sangat bermanfaat sekali, selain sebagai penunjang kelestarian alam , buahnya bisa menjadi penghasilan masyarakat ,” kata Sumarno,  Pengelola Wisata Jamal Sari.

“Kita ada 500 bibit yang akan ditanamkan di sini. Jenisnya ada trembesi, rambutan dan mangga,” ujar Lie Haris , penggiat lingkungan.

Gerakan satu pohon satu nafas untuk penghjauan ini akan dilakukan rutin setiap hari Jumat. Masyarakat yang ingin ikut berkontribusi bisa turut bergabung untuk melakukan gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan.

#pelastarianlingkungan #wisatajamalsari #kotasemarang



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x