Kompas TV entertainment selebriti

Sebelum Meninggal, James Michael Tyler Sempat Terapi Hormon

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 09:42 WIB
sebelum-meninggal-james-michael-tyler-sempat-terapi-hormon
James Michael Tyler, pemeran Gunther dalam serial Friends meninggal dunia pada Minggu, 24 Oktober 2021, karena kanker prostat. (Sumber: Warner Bros)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kabar duka datang dari dunia hiburan, di mana bintang film 'Friends', James Michael Tyler, meninggal dunia di usia 58 tahun, Minggu (24/10/2021).

James Micahel Tyler merupakan pemeran Ghunter di acara Friends, serial komedi televisi Amerika Serikat yang bercerita tentang kehidupan enam sahabat.

Tyler meninggal setelah berjuang melawan kanker prostat stadium 4, setelah didiagnosis pertama kali pada Jumi 2018.

Baca Juga: Kabar Duka, Pemeran Gunther dalam Serial “Friends” Meninggal Dunia

Melansir People, Selasa (26/10/2021), Tyler sempat menjalani terapi hormon untuk mengobati kanker prostatnya.

“Saya telah berurusan dengan diagnosis itu selama hampir tiga tahun terakhir. Ini stadium 4, kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, Anda Tahu, itu mungkin akan menyerang saya,” kata James Michael Tyler pada Juni lalu saat menceritakan kemoterapinya.

James Michael Tyler bercerita bahwa terapi hormon yang sepat dijalaninya memang berhasil. Namun, keberhasilan tersebut hanya bertahan hingga satu tahun.

Tepat saat pandemi menghantam, kanker mulai berkembang dan menyebar ke seluruh tubuhnya hingga memengaruhi tulang belakangnya.

Akibatnya, James Michael Tyler harus mengalami kelumpuhan di bagian bawah tubuhnya sehingga harus menggunakan kursi roda.

Baca Juga: Intip Cara Menjaga Prostat Agar Tetap Sehat hingga Hari Tua!

Manajer Tyler, Toni Benson, mengungkapkan bahwa Tyler sangat bersemangan untuk hidup meski perawatan kankernya menjadi masa-masa sulit dalam hidupnya.

“Meskipun dia terikat di kursi roda, dia sangat aktif. Dia memiliki sikap yang paling menakjubkan,” kata Benson.

Saat masih menjalani perawatan kanker pun, aktor tersebut masih bisa membintangi dua film pendek, ‘The Gesture and the Word’ dan ‘Processing’, yang mengantarkannya memenangkan penghargaan aktor terbaik di berbagai festival film.

Hingga menjelang kematiannya, James Michael Tyler tak bosan-bosan menganjurkan peningkatan kesadaran dan edukasi yang lebih masif terkait kanker prostat.

Baca Juga: Giselle Aespa Minta Maaf Usai Lontarkan Kata Rasis, Akui Terbawa Suasana

Dia mengatakan bahwa penyakit ini akan lebih mudah diobati jika diketahui lebih awal.

Tyler juga mengimbau orang lain untuk mendapatkan skrining Prostat Specific Antigen (PSA) untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

“Saya tidak ingin orang harus melalui apa yang saya alami. Ini bukan proses yang mudah,” katanya.

Selamat jalan, James Michael Tyler…



Sumber : People

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.