Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Kembali Bikin Kejutan, Janjikan USD1 Miliar untuk Dorong Circular Carbon Economy

Selasa, 26 Oktober 2021 | 07:00 WIB
arab-saudi-kembali-bikin-kejutan-janjikan-usd1-miliar-untuk-dorong-circular-carbon-economy
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman MBS mengumumkan dua inisiatif untuk mendanai ekonomi circular carbon dan penyediaan bahan bakar bersih untuk membantu memberi makan 750 juta orang di seluruh dunia. (Sumber: France24 via AFP)

RIYADH, KOMPAS.TV - Dua hari setelah menyatakan komitmen untuk mencapai nol emisi karbon tahun 2060, dan menjelang KTT perubahan iklim global COP26 minggu depan, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan dua inisiatif mendanai "ekonomi circular carbon" dan penyediaan "bahan bakar bersih" untuk membantu memberi makan 750 juta orang di seluruh dunia.

Seperti dilaporkan France24, Selasa (26/10/2021), kedua inisiatif itu diperkirakan akan memakan biaya 39 miliar riyal atau setara USD10,4 miliar, di mana Arab Saudi akan memberikan kontribusi 15 persen atau sekitar USD1 miliar dan sisanya berasal dari dana regional serta negara lain.

"Hari ini kami memulai era hijau untuk kawasan, meyakini perubahan ini tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk ekonomi dan keamanan," kata Pangeran Mohammed bin Salman kepada kepala negara dan pejabat senior lainnya di KTT Inisiatif Hijau Timur Tengah di Riyadh.

"Kami akan bekerja untuk membangun dana investasi dengan solusi dalam teknologi circular carbon di kawasan ini dan inisiatif global yang akan memasok solusi bahan bakar bersih untuk menyediakan makanan bagi lebih dari 750 juta orang di seluruh dunia," kata MBS.

"Ekonomi circular carbon" adalah konsep yang dipromosikan oleh Arab Saudi yang bertujuan untuk menghilangkan dan menyimpan karbon untuk digunakan kembali dalam produk lain.

KTT yang juga dihadiri para pemimpin Qatar dan Pakistan, serta utusan khusus bidang iklim Amerika Serikat John Kerry, mengikuti KTT Inisiatif Hijau Saudi hari Sabtu di mana Pangeran Mohammed mengumumkan target emisi nol karbon pada tahun 2060.

Kelompok lingkungan Greenpeace mempertanyakan keseriusan target itu, yang muncul setelah perusahaan minyak negara Saudi Aramco mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak mentah menjadi 13 juta barel per hari pada tahun 2027.

Berbagai lembaga pemantau juga menuduh Arab Saudi, salah satu pencemar terbesar di dunia, mencoba mengalihkan kritik pada KTT COP26 di Glasgow.

COP26 bertujuan untuk mengatur dunia pada jalur menuju nol emisi pada pertengahan abad ini.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Komitmen Nol Emisi Karbon pada Tahun 2060

Kilang minyak Dhahran, Arab Saudi. Arab Saudi menyatakan komitmen untuk meraih nol emisi karbon, atau menghilangkan emisi pemanasan global di dalam perbatasannya, pada tahun 2060 seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (23/10/2021). (Sumber: Ahmad el Itani/Saudi Aramco)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19