Kompas TV internasional kompas dunia

Blue Origin Milik Jeff Bezos Umumkan Akan Bangun Stasiun Luar Angkasa Swasta

Selasa, 26 Oktober 2021 | 07:40 WIB
blue-origin-milik-jeff-bezos-umumkan-akan-bangun-stasiun-luar-angkasa-swasta
Blue Origin, perusahaan luar angkasa milik pribadi salah satu orang terkaya dunia Jeff Bezos, mengumumkan akan membangun stasiun luar angkasa antariksa swasta yang akan diberi nama Orbital Reef seperti dilansir France24, Selasa (26/10/2021). (Sumber: France24 via AFP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Blue Origin, perusahaan luar angkasa milik pribadi salah satu orang terkaya dunia Jeff Bezos, mengumumkan akan membangun stasiun luar angkasa antariksa swasta.

Seperti dilansir France24, Selasa (26/10/2021), stasiun luar angkasa itu akan diberi nama "Orbital Reef", yang digambarkan sebagai taman bisnis serba guna di luar angkasa.

Stasiun tersebut akan mendukung penelitian dan manufaktur gaya berat mikro, dan merupakan usaha patungan dengan perusahaan ruang angkasa komersial Sierra Space serta mendapat dukungan dari Boeing dan Universitas Arizona.

"Selama lebih dari enam puluh tahun, NASA dan badan antariksa lainnya mengembangkan penerbangan luar angkasa orbital dan tempat tinggal di antariksa, menyiapkan kami untuk bisnis komersial untuk mengangksa dalam dekade ini," kata eksekutif Blue Origin, Brent Sherwood.

"Kami akan memperluas akses, menurunkan biaya, dan menyediakan semua layanan dan fasilitas yang diperlukan untuk menormalkan penerbangan luar angkasa."

Stasiun luar angkasa terdepan milik pribadi itu adalah salah satu dari beberapa stasiun luar angkasa yang direncanakan di tahun-tahun mendatang, karena NASA mempertimbangkan masa depan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah tahun 2020-an.

NASA saat ini memiliki kontrak dengan sebuah perusahaan bernama Axiom untuk mengembangkan stasiun luar angkasa yang awalnya akan berlabuh dengan ISS namun kemudian melayang dan terbang bebas.

Pekan lalu, perusahaan jasa antariksa Nanoracks, bekerja sama dengan Voyager Space dan Lockheed Martin, mengumumkan rencana pembuatan stasiun luar angkasa yang akan beroperasi pada 2027 dan dikenal sebagai Starlab.

Menurut lembar fakta yang dirilis oleh Blue Origin, Orbital Reef akan terbang pada ketinggian 500 kilometer, sedikit di atas International Space Station (ISS), dengan penghuni yang mengalami 32 kali matahari terbit dan terbenam dalam sehari.

Stasiun luar angkasa ini akan mampu mengakomodasi 10 orang dalam volume 830 meter kubik, sedikit lebih kecil dari ISS, namun dalam modul futuristik yang dilengkapi dengan jendela besar.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Seminar Memperingati Hari Ibu Ke-93

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:51 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19