Kompas TV kuliner cerita rasa

Tips Masak Mi Instan yang Kenyal nan Lezat ala Warung Burjo

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 05:05 WIB
tips-masak-mi-instan-yang-kenyal-nan-lezat-ala-warung-burjo
Ilustrasi hidangan mi instan ala warung burjo. (Sumber: www.cooking.nytimes.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak dapat dipungkiri, mi instan dengan tekstur kenyal dan tidak lembek merupakan menu makan favorit banyak orang.

Biasanya, untuk dapat menikmati sajian mi yang demikian, warung burjo menjadi pilihan tempat yang tepat karena sudah terkenal handal dalam urusan mengolah makanan sejuta umat itu.

Namun, ketika mencoba untuk memasaknya sendiri, sering kali tekstur mi yang dihasilkan tidak sama dengan yang dipesan di warung burjo.

Hal tersebut dikarenakan ada semacam tips memasak mi instan ala warung burjo yang jarang diketahui orang-orang selama ini.

Baca Juga: Mendunia, Indomie Goreng jadi Mi Instan Terenak Versi New York Magazine

Menurut buku terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang berjudul Mi Goreng Dan Mi Rebus Populer Daerah karya Lilly T Erwin, setidaknya ada lima tips untuk memasak mi yang kenyal.

1. Siram air panas dulu

Ternyata kebiasaan memasak mi instan dengan langsung memasukannya ke dalam air mendidih dapat membuat teksturnya mudah lembek sehingga hilang kekenyalannya.

Maka dari itu, sebaiknya mi instan tersebut disiram dengan air panas terlebih dulu agar lapisan tepungnya terlepas sekaligus menjaga kebersihannya.

Selain itu, secara tidak langsung, siraman air panas tersebut juga akan membuat tekstur mi menjadi lebih lembut dan kenyal saat diolah.

Baca Juga: 3 Tips Aman Mengonsumsi Mi Instan Saat Hujan

2. Seduh dan rendam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x