Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Arab Saudi Borong Produk Makanan Indonesia, RI Raup Rp12,12 Triliun dalam Lima Hari

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 21:38 WIB
arab-saudi-borong-produk-makanan-indonesia-ri-raup-rp12-12-triliun-dalam-lima-hari
Pengusaha Arab Saudi memborong produk makanan Indonesia senilai Rp752,5 miliar dalam TEI-DE. (Sumber: Kompas TV/Ant/Ho-Humas Kemendag)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Arab Saudi memborong produk makanan Indonesia dalam ajang Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021. Arab menjadi salah satu dari 12 negara pembeli produk dalam negeri.

Kementerian Perdagangan ikut mengakomodasi penandatanganan lima nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Arab Saudi secara daring.

Dalam transaksi itu, pelaku usaha Indonesia mendapatkan 53,1 juta dolar AS atau setara Rp752,5 miliar.

Baca Juga: Kiat Pemerintah Kejar Target Produksi Minyak 1 Juta Barel/ Hari di 2030

Penandatanganan lima nota kesepahaman itu untuk pembelian produk makanan minuman (mamin) meliputi pemanis, beras, tapioka, dan buah pinang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyampaikan apresiasi pada pengusaha dari Indonesia dan Arab Saudi yang terlibat dalam komitmen itu

“Saya sampaikan penghargaan yang tulus kepada para pengusaha dari Indonesia dan mitra dagang dari Arab Saudi yang secara gigih terus tumbuh dan berkembang di tengah ekonomi global yang tidak pasti,” ujar Didi Sumedi dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Ia pun berharap agar hubungan ekonomi antara Indonesia dan Arab Saudi dapat terus berkembangan dan saling menguntungkan.

Penandatanganan MoU oleh pembeli dari Arab Saudi dilakukan di kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah. 

Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center Jeddah Rivai Abbas menyaksikan penandatanganan MoU itu. 



Sumber : Kompas TV/Kemendag.go.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x