Kompas TV video sinau

Bukan hanya untuk Pekerjaan, Berikut Arti Kata Mutasi

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 20:06 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPASTV- Beberapa dari kita, yang kesehariannya bekerja di area perkantoran, pasti akrab dengan kata mutasi. Kata mutasi tidak hanya merujuk pada bidang pekerjaan, tetapi memiliki arti lain, sesuai bidangnya. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki tiga arti. Dalam ilmu administrasi dan kepegawaian, pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain. Dalam ilmu biologi mutasi adalah perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom. Dalam ilmu kedokteran dan fisiologi, mutasi adalah perubahan dalam bentuk, kualitas atau sifat lain.

Pertama mengutip Kompas.com, dalam ilmu kepegawaian, penyebab dimutasinya seorang pegawai karena: promosi(kenaikan jabatan), demosi( turun jabatan), penangguhan kenaikan pangkat, pembebastugasan, pemindahan sementara, perputaran jabatan, pergantian tenaga kerja, dan transfer keserbagunaan (pemindahan karyawan dengan tujuan pengembangan potensi).

Kemudian yang kedua, dalam  ilmu Biologi, adalah perubahan yang terjadi secara mendadak dalam kromosom. Melansir  dari National Human Genome Research Institute, mutasi terjadi, akibat kesalahan penyalinan DNA yang dilakukan selama pembelahan sel. Kesalahan penyalinan itu berakibat pada  perubahan urutan DNA yang merubah struktur dasar pada kromosom.

Terakhir, dalam ilmu kedokteran dan fisiologi,arti  mutasi adalah perubahan dalam bentuk, kualitas, atau sifat lain. Penyebabnya adalah perilaku adaptif yaitu bagaimana makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.

Baca Juga: Dimutasi Kapolda, Jacklyn Choppers: Biasa Aje Bro, Gue Udah 25 Tahun di Reserse, Perlu Penyegaran

https://www.kompas.tv/article/223695/dimutasi-kapolda-jacklyn-choppers-biasa-aje-bro-gue-udah-25-tahun-di-reserse-perlu-penyegaran 

Grafis: Arief Rahman

.
 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.