Kompas TV video sinau

Usia Dewasa Masih Tumbuh Gigi? Berikut Fakta tentang Gigi Bungsu

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 19:48 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPASTV-Pernah merasa kesakitan di bagian geraham, gara-gara ada gigi tumbuh?

Umumnya, dengan gejala, sulit membuka mulut, tidak nyaman saat makan, gusi bengak dan nyeri. Bisa jadi, itu adalah tanda gigi bungsu yang  baru saja tumbuh. Melansir dari hellosehat.com berikut fakta tentang gigi bungsu:

1.Tumbuh Menjelang Usia Dewasa

Gigi geraham ketiga, biasanya tumbuh saat usia antara 17-21 tahun. Bahkan, beberapa orang mengalaminya saat memasuki usia 30 tahun.

2.Tidak Semua Orang Menyadarinya

hanya beberapa orang yang merasakan sakit, saat gigi bungsu tumbuh. Gangguan kemunculan gigi, sebenarnya juga ada pada kemunculan gigi lain. Tapi frekuensi tertinggi ada di gigi bungsu.

3.Pengaruh Genetik dan Makanan

Misalnya rahang yang kecil, tetapi dengan ukuran gigi relatif lebih besar,  hal ini ini bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya. Pola makan, mengonsumsi makanan lunak kurang bisa merangsang, pertumbuhan dan perkembangan lengkung rahang. Sementara makanan  keras  membuat otot-otot dalam mulut beraktivitas dan tumbuh maksimal.

4.Hampir Semua Kasus Gigi Bungsu Sakit Harus Dicabut

Gigi bungsu yang tumbuh miring, umumnya jadi alasan orang mengunjungi dokter gigi.  Untuk mencegah rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh, baiknya deteksi dini dengan rutin ke dokter gigi.  Sehingga bisa melakukan tindakan segera, sebelum masalah lain muncul.

Baca Juga: 9 Penyebab Rasa Logam di Mulut dan Cara Pencegahannya

https://www.kompas.tv/article/221336/9-penyebab-rasa-logam-di-mulut-dan-cara-pencegahannya

Grafis: Agus Eko Apriyanto

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x