Kompas TV nasional peristiwa

Luhut: Mobil Listrik Hyundai Genesis G80 Jadi Kendaraan Resmi Delegasi KTT G20

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 19:02 WIB
luhut-mobil-listrik-hyundai-genesis-g80-jadi-kendaraan-resmi-delegasi-ktt-g20
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mobil listrik G80 Genesis (Electrified G80) Hyundai akan digunakan sebagai kendaraan resmi delegasi negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 2022 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pameran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia yang digelar Hyundai yang dipantau dari saluran Youtube Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Senin (25/10/2021).

"Pak Presiden tadi sudah menyampaikan Hyundai akan jadi official dalam G20 nanti. Kebetulan saya juga ikut dalam pengelola G20 nanti, sudah kita pastikan mobil Hyundai Genesis G80 full electric vehicle dapat digunakan sebagai kendaraan resmi kepala delegasi di Bali nanti," kata Menko Marve Luhut Binsar Pandjaitan.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan pemilihan kendaraan listrik Hyundai sebagai kendaraan resmi didasarkan atas telah berinvestasinya perusahaan asal Korea Selatan tersebut di industri kendaraan listrik.

"Pemerintah akan menggunakan kendaraan berbasis baterai yang sudah berinvestasi di Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk G20," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut KTT G20 di Bali Jadi Ajang Unjuk Diri Indonesia Soal Penanganan Pandemi

Luhut juga menambahkan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan menanggung kepala delegasi atau VIP yang tak ingin menggunakan kendaraan resmi yang diberikan.

"Kalau (kepala) negara yang tidak mau pakai karena bulletproof (antipeluru), itu urusannya dia. Tapi, tiap kepala negara akan mendapatkan kendaraan Hyundai Genesis G80," ujar Luhut.

Sementara itu, dilansir dari Antara, Global Head of the Genesis Brand Jay Chang menyatakan pihaknya telah siap menyediakan dukungan yang diperlukan untuk kelancaran konferensi tingkat dunia.

Pihaknya mengaku penetapan Hyundai Genesis G80 sebagai kendaraan resmi merupakan sebuah kehormatan.

"Penunjukan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022," kata Jay Chang.

Perlu diketahui, Genesis adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tertinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi.

Model Electrified G80, merupakan model kendaraan listrik (EV) premium pertama dari Genesis yang menghadirkan standar baru untuk sedan listrik mewah karena memiliki performa dan teknologi tingkat tinggi.

Pada sisi eksterior, model ini memiliki bentuk yang menarik perhatian dengan grille yang aerodinamis berbentuk pola G-Matrix terbalik khas Genesis.

Sementara pada sisi interior, Genesis menyajikan konsep "Beauty of White Space" dengan material ramah lingkungan di seluruh bagian interior sehingga memancarkan nilai berkelanjutan yang ingin direalisasikan.

Baca Juga: Jokowi Ingin Pamerkan Hutan Mangrove di Bali Pada KTT G20

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x