Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Bapas Makassar terapkan Keadilan Restoratif

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 17:19 WIB
kakanwil-kemenkumham-apresiasi-bapas-makassar-terapkan-keadilan-restoratif
Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Bapas Makassar  terapkan  Keadilan Restoratif (Sumber: kanwilkemenkumham)
Penulis : KompasTV Makassar

Makassar. Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto, Minggu(24/10), mengatakan bahwa Balai Pemasyarakatan( Bapas ) Makassar terpilih sebagai lokasi diseminasi  keadilan Restoratif yang diselenggarakan Ditjen Pemasyarakatan, bekerja sama Center for International Legal Cooperation (CILC).

“Kami mengapresiasi Bapas Makassar yang terus  bersinergi  membangun  keadilan restoratif di Sulawesi Selatan sehingga dipilih jadi lokasi diseminasi oleh Ditjen Pemasyarakatan,“ kata kakanwil Harun 

Kepala  Bapas Makassar Alfrida mengatakan, keadilan restoratif merupakan alternatif penyelesaian perkara tindak pidana dengan mengedepankan proses dialog dan mediasi dimana  pelaku, korban, keluarga pelaku/korban dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama menciptakan kesepakatan atas penyelesaian perkara pidana secara adil dan seimbang, dengan mengedepankan pemulihan kembali pada keadaan semula dan bukan pembalasan.

Menurut Alfrida, pihaknya terus  membangun keadilan restoratif melalui jalinan kerjasama lintas sektoral dengan sejumlah pihak seperti Aparat Penegak Hukum , Pemerintah Kota Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar

Selama tahun  2021 ini, Menurut Alfrida, Bapas Makassar telah menangani 301 klien Anak . dari sejumlah itu, atas rekomendasi  Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas sebanyak 133 klien disarankan ke Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS). Sisanya  34 direkomendasikan kembali ke orang tua dan 134  untuk di  Diversi.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x