Kompas TV entertainment film

Dianggap Klise, Publik Korsel Kaget "Squid Game" Bisa Laku Keras di Pasar Internasional

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:58 WIB
dianggap-klise-publik-korsel-kaget-squid-game-bisa-laku-keras-di-pasar-internasional
Lee Jung Jae sebagai Gi Hun di Squid Game. Meskipun sukses secara internasional, sambutan atas Squid Game tidak terlalu meriah di Korea Selatan. (Sumber: Netflix)

SEOUL, KOMPAS.TV - Serial Squid Game yang dirilis Netflix pada pertengahan September 2021 laku keras di pasar internasional. Serial ini memuncaki daftar tayangan dengan pemirsa tertinggi Netflix di berbagai negara.

Squid Game mengisahkan sekelompok orang yang memiliki utang besar yang dijebak dalam serangkaian permainan mematikan. Serial ini juga memuat berbagai modifikasi permainan tradisional serta budaya Korea Selatan (Korsel).

Akan tetapi, di negara asalnya, Squid Game justru disambut tak semeriah di pasar internasional. Sejumlah kritikus di Korsel bahkan menganggap serial ini klise dan tak menarik.

Baca Juga: Lee Jung Jae Squid Game Masuk Nominasi di Gotham Awards, Bersaing dengan Anya Taylor Joy

Melansir The Economist, kritikus film Korsel umumnya menyebut karakterisasi Squid Game klise, plotnya tak menarik, dan menampilkan kekerasan secara serampangan.

“Meskipun genre-nya memang punya klise tak terhindarkan, terlalu banyak aspek dalam Squid Game yang mengingatkan Anda terhadap film-film lain yang pernah Anda lihat,” tulis seorang kritikus.

Squid Game disebut tak memberi kebaruan dalam genre film survival. Serial ini juga disebut terlalu mirip dengan film-film survival lain yang lebih esensial seperti Battle Royale.

Representasi budaya Korsel yang ditampilkan pun justru membuat film ini tak disukai sebagian penonton lokal. 

“Tidak ada seorang pun yang saya kenal mengerti sensasi global (atas Squid Game), begitu pula saya,” kata In-young, seorang warga Seoul kepada The Economist.

In-young mengaku tak sanggup merampungkan serial Squid Game. Ia mengeluhkan bagaimana permainan tradisional yang sering dimainkannya saat kanak-kanak dijadikan permainan brutal oleh serial tersebut.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19