Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Toyota Mulai Uji Mesin Berbahan Bakar Hidrogen Pada Mobil Balap Mereka

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 15:32 WIB
wow-toyota-mulai-uji-mesin-berbahan-bakar-hidrogen-pada-mobil-balap-mereka
Toyota mengumumkan mereka sedang menguji mesin pembakaran hidrogen di mobil balap mereka karena berambisi menggunakan teknologi mesin pembakaran berbahan bakar hidrogen dalam produk komersial. (Sumber: AP Photo/Koji Sasahara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

TOKYO, KOMPAS.TV — Toyota mengumumkan mereka sedang menguji mesin pembakaran hidrogen di mobil balap mereka karena berambisi menggunakan teknologi mesin pembakaran berbahan bakar hidrogen dalam produk komersial.

Mesin tersebut membakar hidrogen sebagai bahan bakar untuk menggerakkan roda, seperti roket yang menggunakan hidrogen untuk daya dorong.

Produsen mobil Jepang itu mengatakan pengujian teknologi di mobil balap akan memungkinkan mereka mengumpulkan data dan mencoba untuk memperbaiki masalah di tempat.

Toyota Motor Corp. sebelumnya mengumumkan mereka sedang mengembangkan mesin pembakaran hidrogen, yang juga sedang dikembangkan oleh Ford Motor Co. dan pembuat mobil lainnya.

Mesin dan kendaraan yang diuji Toyota itu berbeda dari kendaraan yang menggunakan hidrogen untuk menghasilkan listrik, dan berbeda dari kendaraan listrik maupun kendaraan hibrida.

“Kami ingin mengusulkan beberapa opsi untuk memenuhi kebutuhan regional,” kata Naoyuki Sakamoto, chief engineer Toyota Corolla dengan mesin bertenaga hidrogen dalam konferensi pers online.

Sakamoto menolak mengatakan kapan mesin pembakaran hidrogen dapat menjadi produk komersial, seraya menekankan, pengembangan lebih lanjut masih diperlukan untuk mengatasi jarak tempuh yang sejauh ini terbatas.

Infrastruktur untuk mengisi bahan bakar kendaraan seperti itu adalah kendala lain. Toyota sendiri belum merilis jarak tempuh atau jarak jangkau kendaraan dengan mesin berbahan bakar hidrogen tersebut.

Baca Juga: Mobil Hidrogen Akan Layani Tamu VIP Asian Games

Toyota mengumumkan mereka sedang menguji mesin pembakaran hidrogen di mobil balap mereka karena berambisi menggunakan teknologi mesin pembakaran berbahan bakar hidrogen dalam produk komersial. (Sumber: Global Toyota)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x