Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Perang China dan Rusia Masuk Perairan Pasifik, Jepang Was-was

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 06:16 WIB
kapal-perang-china-dan-rusia-masuk-perairan-pasifik-jepang-was-was
Kapal China yang tengah berlabuh di dekat terumbu karang Whitsun diduga diisi milisi untuk mencaplok lebih banyak wilayah di Laut China Selatan. (Ilustrasi) (Sumber: National Task Force-West Philippine Sea via AP)
Penulis : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kapal perang China dan Rusia melakukan patroli bersama untuk pertama kalinya di Laut Pasifik. Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu (23/10/2021) mengatakan patroli bersama itu telah dilakukan dalam sepekan terakhir. 

Manuver tersebut disebut turut dimonitor oleh Jepang.

Moskow dan Beijing, yang menggelar latihan bersama angkatan laut di Laut Jepang pada awal Oktober telah menjalin hubungan militer dan diplomatik yang lebih erat dalam beberapa tahun terakhir di saat hubungan mereka dengan Barat memburuk.

Baca Juga: Selain Kapal Perang China, Kapal Induk Amerika Serikat Sering Melintas di Laut Natuna Utara

Satu kelompok tempur berisi 10 kapal dari China dan Rusia berlayar melalui Selat Tsugaru yang memisahkan daratan utama Jepang dengan pulau Hokkaido.

Rusia mengatakan pergerakan angkatan laut itu dipantau secara dekat oleh Jepang. 

“Kumpulan kapal-kapal itu melewati Selat Tsugaru untuk pertama kalinya sebagai bagian dari patroli,” kata kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan dikutip dari Antara. Selat tersebut dianggap sebagai perairan internasional.

Baca Juga: Nelayan Takut Kapal Perang China, Pangkoarmada I Temukan Ini Saat Patroli di Laut Natuna Utara

“Tugas dari patroli itu mencakup demonstrasi bendera-bendera Rusia dan China, menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia-Pasifik dan menjaga subyek-subyek aktivitas ekonomi maritim kedua negara,” kata kementerian itu.

Sementara itu, kementerian pertahanan China mengatakan pada Minggu bahwa latihan gabungan itu bertujuan untuk “memperdalam hubungan komprehensif strategis China-Rusia di era yang baru, menyempurnakan kemampuan aksi bersama kedua pihak, dan menjaga stabilitas strategis regional dan internasional.”

Sebuah laporan di laman resmi kementerian itu menyebut bahwa operasi itu merupakan bagian dari kerja sama tahunan antara kedua negara dan tidak menargetkan pihak ketiga.

Baca Juga: Kapal Perang China Berseliweran di Laut Natuna, Fadli Zon: Kenapa Negara Seolah Takluk?

Akan tetapi, para pejabat pertahanan Jepang mengatakan pada Minggu bahwa kapal-kapal Rusia dan China juga telah melewati Selat Osumi di dekat prefektur Kagoshima di bagian selatan Jepang, menurut laporan NHK.

Kapal-kapal asing diperbolehkan untuk bergerak melewati selat Osumi dan Tsugaru mengingat kedua area tersebut adalah jalur air internasional, namun kementerian pertahanan Jepang mengatakan akan memonitor kedua angkatan laut. Mereka menganggap pergerakan itu sebagai langkah “tak biasa”. Sementara itu para pejabat Jepang belum dapat dimintai keterangan.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x