Kompas TV olahraga kompas sport

Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021, Berikut 7 Fakta Tentang El Diablo

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:26 WIB
fabio-quartararo-juara-dunia-motogp-2021-berikut-7-fakta-tentang-el-diablo
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021. (Sumber: instagram@fabioquartararo20)

EMILIA ROMAGNA, KOMPAS.TV - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021 usai GP Emilia Romagna berakhir. 

Bertanding di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Minggu (24/10/2021) malam WIB, Quartararo berhasil finis di posisi keempat. 

Kendati demikian, pembalap kelahiran Nice, Perancis 22 tahun silam resmi menjadi kampiun baru MotoGP setelah rivalnya, Francesco Bagnaia terjatuh. 

Alhasil, Quartararo yang memiliki total 267 poin, unggul 65 angka dari Bagnaia. 

Dengan sisa dua race lagi, Bagnaia dipastikan tidak dapat mengejar torehan poin Quartararo.

Baca Juga: Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

Ini merupakan gelar juara dunia MotoGP perdana bagi Quartararo. Lain itu, dirinya juga menjadi pembalap pertama asal Perancis yang mampu menjuarai MotoGP. 

Simak 7 fakta menarik tentang pembalap yang memiliki julukan El Diablo ini: 

7 fakta tentang juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo: 

  1. Fabio Quartararo adalah pebalap termuda keenam yang meraih gelar juara dunia kelas utama, berusia 22 tahun, 187 hari pada hari balapan GP Emilia Romagna, di belakang John Surtees (22 tahun, 182 hari) dan di depan Valentino Rossi (22 tahun, 240 hari).
  2. Musim ini Quartararo telah berdiri di podium MotoGP lebih dari pebalap lainnya (10 kali), termasuk lima kemenangan. Ini adalah pertama kalinya pebalap Yamaha mencetak lima (atau lebih) kemenangan kelas utama sejak Jorge Lorenzo pada 2015 (tujuh kemenangan). Pembalap Yamaha terakhir dengan lebih dari 10 podium dalam satu musim adalah Valentino Rossi (15 podium) dan Jorge Lorenzo (12) pada 2015.
  3. Pembalap Yamaha berasal dari Nice di Prancis dan mulai mengendarai sepeda motor pada usia 4 tahun, dikelola oleh Jean Phillipe Henry dan ayahnya Etienne, yang merupakan mantan Juara Prancis di kelas 125cc.
  4. Di era MotoGP, Quartararo adalah pebalap termuda ketiga yang melakukannya di belakang Marc Marquez (20 tahun, 266 hari) dan Casey Stoner (21 tahun, 342 hari).
  5. Quartararo adalah pria populer di dunia motor sport, berteman baik dengan pembalap F1 Daniel Ricciardo. Pembalap McLaren bukan satu-satunya pembalap F1 yang memiliki hubungan baik dengan Juara MotoGP™ 2021, dengan Pierre Gasly dan Esteban Ocon juga dianggap sebagai teman.
  6. Dijuliki sebagai El Diablo (Si Setan), Quartararo mendapat panggilan tersebut setelah helm replika Roberto Locatelli milikinya ditempeli stiker setan. 
  7. Quartararo menjadi pebalap Prancis pertama yang meraih gelar juara dunia kelas utama dan ketujuh secara keseluruhan di balap GP bersama dengan Johann Zarco (2 gelar), Mike Di Meglio (1), Arnaud Vincent (1), Olivier Jacque (1), Christian Sarron (1) dan Jean-Louis Tournadre (1)

 

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

Sumber : motogp.com



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19