Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Bagaimana Wortel Mengurangi Risiko Penyakit Jantung? Ini Kata Peneliti

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:40 WIB
bagaimana-wortel-mengurangi-risiko-penyakit-jantung-ini-kata-peneliti
Ilustrasi wortel. Betakaroten dalam wortel dapat membantu mencegah perkembangan aterosklerosis yang merupakan ancaman utama terkait jantung di seluruh dunia. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Wortel merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Wortel dapat dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu.

Di samping popularitasnya, wortel juga mengandung nutrisi yang kaya. Wortel sarat dengan beta-karoten, serat, antioksidan, kalsium dan beberapa vitamin dan mineral.

Zat-zat yang terkandung dalam wortel dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, pencernaan, kesehatan mata, kesehatan kulit dan lain-lain. Mengonsumsi wortel juga bagus untuk jantung.

Selain memberi wortel warna oranye, beta-karoten mengubah makanan menjadi vitamin A di dalam tubuh. Dan konversi ini, menurut para peneliti di University of Illinois, mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam darah.

Dilansir NDTV Food, betakaroten juga dapat membantu mencegah perkembangan aterosklerosis yang merupakan ancaman utama terkait jantung di seluruh dunia.

Penyakit kardiovaskular Aterosklerosis pada dasarnya adalah akumulasi lemak dan kolesterol di arteri kita.

Baca Juga: Petani Terancam Penjara 10 Tahun dan Denda Rp 200 Juta Gara-Gara Tanam Wortel di Gunung Papandayan

"Untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari makanan super ini, Anda memerlukan enzim aktif untuk menghasilkan vitamin ini," demikian tertulis dalam laporan di situs web Universitas Illionis.

Para peneliti melakukan dua penelitian (satu pada manusia dan yang lainnya pada tikus) untuk menemukan efek beta-karoten pada kesehatan jantung.

Dalam studi pertama, para peneliti menyurvei sampel darah dan DNA dari 767 orang dewasa yang sehat, yang berusia antara 18 dan 25 tahun.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga Cabai Terus Merangkak Naik

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19