Kompas TV regional berita daerah

Tempat Isolasi Terpusat Kosong Pasien Covid-19, Tenaga Kesehatan Tetap Disiagakan

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Tren kasus Covid-19 di Kabupaten Jember dan Kota Probolinggo Jawa Timur mengalami penurunan. Kondisi itu membuat tempat isolasi terpusat di Kabupaten Jember dan Kota Probolinggo kosong pasien.

Tempat isolasi terpusat di Hotel Kebon Agung Kabupaten Jember kosong sejak dua pekan terakhir pada bulan Oktober. Padahal dua bulan sebelumnya dihuni hingga 70 pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Baca Juga: Bupati Jember Meninjau 2 Tempat Isolasi Terpusat di Hotel dan JSG

Menurunnya jumlah pasien Covid-19 di tempat isolasi terpusat itu tidak lepas dengan menurunnya kasus Covid-19 di Kabupaten Jember. Pada 22 Oktober, kasus baru positif hanya 2 orang dan 1 kasus kematian. Meski kosong, pemerintah tetap menyiagakan petugas kesehatan dan fasilitas kesehatan di tempat isolasi terpusat.

Hal yang sama juga terjadi di Kota Probolinggo Jawa Timur. Sejumlah rumah karantina yang disiapkan sebagai isolasi terpusat di kota mangga itu juga kosong sejak beberapa terakhir.

Diantaranya tempat isolasi terpusat rumah sehat as-syifa, yang menggunakan gedung SMPN 6, rumah isolasi Rusunawa Mayangan Dan Rusunawa Kademangan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Turun, Rumah Isolasi Terpusat Kosong

Tidak adanya pasien Covid-19 yang dikarantina terjadi seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 di Kota Probolinggo. Pada 21 Oktober 2021, jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 hanya 11 orang dan nol kasus untuk kematian sejak sebulan terakhir.

Meski tidak ada pasien Covid-19 di tempat isolasi terpusat, namun petugas dari tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang masih disiagakan, termasuk tabung oksigen dan ranjang pasien.

Pemerintah meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, meski kasus Covid-19 menurun. Pasalnya, kasus Covid-19 belum benar-benar mereda, bahkan ada ancaman gelombang ketiga.

 

#TempatIsolasiKosong #KasusCovid-10Menurun #Jember #Probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x