Kompas TV regional agama

Kisah Bripda Untari: Santriwati Gontor yang Jadi Polwan, Sempat Dipersoalkan Ijazahnya Bahasa Arab

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:10 WIB
kisah-bripda-untari-santriwati-gontor-yang-jadi-polwan-sempat-dipersoalkan-ijazahnya-bahasa-arab
Tangkapan layar Briptu Agustina Untari, Polwan santriwati asal Gontor dalam Webinar di Wahid Foundation (Sumber: Youtube Wahid Foundation)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernahkah anda membayangkan seorang santriwati dengan modal ijazah berbahasa Arab tapi mampu menjadi seorang Polwan? Jika belum, Anda layak berkenalan dengan Briptu Agustina Untari dari Jember ini.

Agustina Untari adalah seorang Polwan yang saat ini bertugas di Polsek Jember. Ia merupakan Alumni Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur. Agustina  menceritakan pengalamannya sebagai seorang alumni pesantren yang sempat dipertanyakan ijazahnya karena memakai bahasa Arab. Sesuatu yang tak lazim jika dibandingkan pendaftar lainnya.

Cerita bermula ketika Agustina tertarik sebuah pengumuman. Kata pengumuman itu,  negara membutuhkan sekitar 7000 Polwan, hatinya pun tergerak untuk ikut. Tapi Agustina sempat ragu, bisa tidak seorang santriwati seperti dirinya jadi polwan?

“Apa saya yakin memilih untuk mengikuti seleksi itu, basic pendidikan saya santriwati. Namun keyakinan tersebut dikuatkan oleh orang tua. Dengan bismillah, Insya Allah niat saya baik.  Ia hanya ingin mengabdi seperti yang diajarkan di pondok,” tutur Agustina dalam acara  C-Talk: The Power of Santriwati yang digelar Wahid Foundion sebagaimana dilihat KOMPAS TV, Minggu (24/10).

Baca Juga: Refleksi Hari Santri di Unair, Mahfud MD: Kaum Santri Terus Berprestasi dan Turut Membangun Bangsa

Bripda Untari pun bercerita, dalam proses pendaftaran jadi Polwan itu, pernah terjadi sedikit kendala ketika masuk Polri karena ijazahnya berbahasa Arab. Seperti lazimnya santri, ia memperoleh Syahadah (kesaksian) sebagai alumni pesantren. 

Di Pesantren Gontor, ijazah itu berbahasa arab namanya Kuliyatul Mualimin Al-Islamiyah (KMI). Agustina memakai itu untuk pendaftaran masuk sebagai polwan. 

Sempat terjadi masalah, tapi ia mengaku itu bisa teratasi. Hal itu tidak menjadi masalah pada akhirnya, sebab Kepolisian Republik Indonesia umumunya memahami bahwa pelajaran yang diterima santri di pesantren sama dengan sekolah umum.

“Ramai di media yang mengatakan bahwa saya pernah terkendala masuk kepolisian karena ijazah saya dari pesantren. Kebetulan waktu itu ijazah saya berbahasa Arab,” tambahnya.

Agustina yang juga mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember itu menjelaskan, sebetulnya ijazah yang dipertanyakan itu soal pelajaran umumnya.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:11
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19