Kompas TV regional berita daerah

Tak Hanya Mi, Kini Ada Inovasi Nasi Padang Instan, Tak Butuh Air Panas!

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 13:35 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sekarang, tak hanya mi, atau bubur yang bisa dinikmati secara instan. Mahasiswa dan peneliti Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, membuat inovasi baru, yakni nasi padang instan. Uniknya, untuk menikmati nasi padang instan ini juga tak butuh air panas.

Nasi padang yang ini, bukan terbungkus kertas nasi seperti nasi padang bungkus yang biasa kita makan. Yang ini bungkusnya adalah plastik vakum.

Produk nasi instan, memang biasa kita temukan di pasaran. Tapi, yang unik dari nasi padang instan, hasil inovasi mahasiswa dan peneliti Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat ini adalah teknologi self heatingnya alias memanaskan sendiri.

Tak perlu air panas, atau kompor untuk menikmati nasi padang instan ini. Cukup tuangkan air dingin ke dalam plastik berisi bahan-bahan nasi padang yang sudah dicampurkan nasi padang instan ini akan segera bisa dinikmati hangat-hangat.

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Nasi Padang Dibungkus Lebih Banyak Porsinya, Cocok untuk Teman PPKM Darurat

Ide awal penciptaan nasi padang instan ini ternyata berasal dari keprihatinan atas kecukupan asupan gizi bagi korban bencana.

Agar dapat bertahan lama, nasi padang instan yang terdiri dari nasi, rendang dan sayur yang sudah matang, dikeringkan hingga kadar airnya nol sebelum dikemas dengan sistem vakum bersama dengan pil pemanas.

Setelah mendapatkan hak paten yang saat ini masih dalam proses di Kementerian Hukum dan HAM, inovasi nasi padang instan ini bisa diproduksi massal untuk menjawab kebutuhan pangan sehat para korban bencana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x